Tribun

Peringati HPN dan HUT PWI Ke-76, SBANL: Jaga Jati Diri, Integritas dan Citra Pers

SBANL menggatakan bahwa jati diri, integritas dan citra pers baik insani maupun wadah berhimpun harus dijaga seiring maju pesatnya perkembangan digita

Editor: Content Writer
zoom-in Peringati HPN dan HUT PWI Ke-76, SBANL: Jaga Jati Diri, Integritas dan Citra Pers
dok. DPD RI
Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Stefanus BAN Liow MAP. 

TRIBUNNEWS.COM - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-76, Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Stefanus BAN Liow MAP kepada sejumlah awak media saat diwawancarai Minggu (19/2/2022), mengungkapkan bahwa Hari Pers Nasional sendiri merupakan momen untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Selain itu, Liow yang juga dikenal dengan SBANL mengatakan bahwa jati diri, integritas dan citra pers baik insani maupun wadah berhimpun harus dijaga seiring maju pesatnya perkembangan digital saat ini.

Selain tantangan digital, dikatakan SBANL yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pers dapat melahirkan serta menegakkan jurnalisme yang berkualitas, baik secara industrial maupun komersialisasi.

"Ditambah lagi tuntutan pers yang harus beradaptasi dengan akselerasi teknologi informasi dan komunikasi, membuat pers mengalami kecanggungan," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, SBANL Hari Pers Nasional (HPN) telah menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Menurutnya kegiatan ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

"Apa lagi seperti kita ketahui bersama bahwa Landasan ideal HPN ialah sinergi, Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN," katanya.

"Saya berharap terobosan-terobosan melalui sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pers dan HUT PWI ke-76 dapat menunjukan perhatian dan kepedulian kepada sesama insan pers di Indonesia ujar SBANL yang juga sebagai salah satu Penasehat Pengurus PWI Provinsi Sulut," tambahnya.

SBANL yang diketahui juga pernah memiliki KTA PWI tahun 1998 saat memimpin Koran Suara Minahasa menuturkan, suatu kehormatan dan kebanggaan boleh bersinergitas dengan Pers meski disadari belum dapat menjangkau kesemuanya. Pers adalah salah satu insan yang mengantar dan membantu dalam tugas pelayanan dan pengabdian melalui pewartaan serta mendapatkan data dan informasi berharga

"Selamat Hari Pers Nasional 2022, 9 Februari 2022, Semoga insan pers Indonesia dapat terus menyajikan informasi terpercaya dan berkualitas sehingga dapat mempersatukan dan mencerdaskan bangsa," ujar SBANL. (*)

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas