Tribun

Diundang Senator Negara Bagian Connecticut AS, Sultan Bicara Penguatan Lembaga DPD RI

Melengkapi rangkaian Kunjungan kerja Komite IV DPR RI ke Amerika Serikat, wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin diundang senator Dr. Saud Anwar

Editor: Content Writer
zoom-in Diundang Senator Negara Bagian Connecticut AS, Sultan Bicara Penguatan Lembaga DPD RI
DPD RI
Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin dan rombongan pada Selasa lalu memenuhi undangan senator negara bagian Connecticut, Dr. Saud Anwar 

TRIBUNNEWS.COM - Melengkapi rangkaian Kunjungan kerja Komite IV DPR RI ke Amerika Serikat, wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin dan rombongan pada Selasa lalu memenuhi undangan senator negara bagian Connecticut, Dr. Saud Anwar.

Sebagai tamu istimewa, Sultan bersama kolega disambut hangat dan dijamu oleh senator Saud yang merupakan mantan walikota Muslim dua periode itu bersama beberapa tokoh dan pejabat lainnya di New York city.

"Ini sebuah kehormatan, Kami merasa sangat tersanjung telah diterima sebagai sahabat dan diperlakukan secara sempurna sebagai tamu oleh Senator Saud Anwar. Beliau adalah sahabat lama yang sukses dan sangat menginspirasi. Amerika memang selalu menginspirasi dunia terutama dengan demokrasinya", ujar mantan wakil Gubernur Bengkulu ini melalui keterangan resminya pada Kamis (26/05).

Dalam suasana yang penuh dengan kehangatan dan keakraban itu, Sultan dan kolega senator RI mendiskusikan banyak hal terutama isu demokrasi dan penguatan lembaga DPD RI agar bisa seperti House of Senat Amerika, hingga pada kerjasama di bidang pendidikan serta isu-isu dunia Islam.

Sebagai simbol penghormatan terhadap kedaulatan RI, Sultan dan kolega senator RI diizinkan oleh otoritas setempat untuk mengibarkan Bendera Kebesaran Merah Putih di Gedung Capitol State Negara Bagian Connecticut.

"Di tengah fenomena degradasi demokrasi, Indonesia perlu melakukan transformasi sistem politik secara terukur. Tidak salah jika Sistem dan bentuk ketatanegaraan kita perlu mengadopsi sistem politik khususnya lembaga legislatif dengan sistem bikameral sempurna seperti yang ada di Amerika Serikat", ucapnya.

Menurutnya, selama ini Indonesia masih setengah hati dalam membangun sistem otonomi daerah, sehingga berpengaruh terhadap keberadaan dan kewenangan lembaga DPD RI. Padahal otonomi daerah merupakan salah satu komitmen penting reformasi yang bertujuan menekan konsentrasi kekayaan pada segelintir elit dan menghasilkan pemerataan dan keadilan sosial secara merata di daerah.

Selain melakukan Study of Reference Undang-Undang nomor 01 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro komite IV DPR RI ke Amerika Serikat, keberangkatan Wakil Ketua DPD RI ke amerika berserta rombongan melakukan banyak agenda kegiatan, salah satunya memenuhi undangan senator Saud Anwar di negara bagian connect ticut , new york Amerika Serikat.

Dalam kesempatan temu kangen sahabat lama itu, Sultan yang didampingi senator Sukiryanto, S.Ag, Senator Darmansyah Husein, Senator Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, Senator Edwin Pratama Putra, SH, Senator KH. Ir Abdul Hakim. MM, Senator Gusti Farid Hasan Aman, SE., Akt.,M.B.A, Senator Dr. Muhammad J Wartabone, S.H., M.Hi, Senator Dr. Amirul Tamim, M.Si dan senator Ajbar.

Sementara dari pihak Senator Amerika, Senator Saud didampingi oleh President and CEO World Council Affairs, President of Hartford International University, the President and CEO Goodwin University dan bbrp pejabat lainnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas