Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Setelah Disetujui Secara Aklamasi, DPR Berharap Presiden Segera Lantik Budi Gunawan

Dewan Perwakilan Rakyat secara aklamasi menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara Komjen Pol Budi Gunawan.

Setelah Disetujui Secara Aklamasi, DPR Berharap Presiden Segera Lantik Budi Gunawan
dpr.go.id
Dewan Perwakilan Rakyat secara aklamasi menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara Komjen Pol Budi Gunawan dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/09/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat secara aklamasi menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara Komjen Pol Budi Gunawan.

Persetujuan itu berlangsung di Rapat Paripurna di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/09/2016). 

Sebelum disetujui di Rapat Paripurna, Komisi I melaporkan hasil pembahasan tentang pemberian pertimbangan terhadap Calon Kepala BIN.

“Apakah laporan Komisi I DPR terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan Calon Kepala BIN dapat disetujui,” tanya Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan saat memimpin rapat paripurna dengan didampingi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Pertanyaan tersebut langsung dijawab "setuju," secara serempak oleh seluruh Anggota DPR yang hadiri pada rapat paripurna.

Usai rapat, Taufik mengatakan pihaknya sangat menghormati hasil dari uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilaksanakan oleh Komisi I.

Hal itu terbukti dengan persetujuan dan pengesahan oleh Rapat Paripurna.

“Paripurna sudah memberikan persetujuan dan DPR berharap yang bersangkutan segera dilantik. Persetujuan DPR secara bulat tanpa ada penolakan, diberikan setelah mendengarkan laporan  hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komisi I terhadap yang bersangkutan,” kata politisi F-PAN itu.

Untuk itu, lanjut Taufik, DPR berharap Presiden Joko Widodo segera melantik Budi Gunawan sebagai Kepala BIN agar bisa melakukan koordinasi dan konsolidasi internal di lembaganya.

Selanjutnya, Budi Gunawan diharapkan segera dapat menentukan titik prioritas dan agenda kerja BIN.

“Setelah itu, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Saudara Budi Gunawan untuk melaksanakan aksi dari program kerjanya. Tentunya, DPR akan memberikan ruang kepada beliau untuk bekerja,” tandasnya.

Pada prinsipnya, masih kata Taufik, DPR berharap BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan bisa bekerja lebih profesional.

Selain itu, BIN bisa memberikan yang terbaik, khususnya dalam rangka memberikan masukan intelijen kepada Presiden Joko Widodo.

“Sehingga sekali lagi kami berharap, BIN bisa lebih baik dan profesional. Keamanan, ketertiban dan pertahanan negara tentu akan lebih baik bila didukung oleh informasi intelijen," tukas politisi asal dapil Jawa Tengah itu.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menjelaskan rapat intern Komisi I yang digelar Rabu (7/09/2016) lalu, memutuskan Budi Gunawan patut dan layak sebagai Kepala BIN.

Penegasan itu diambil setelah mendengarkan paparan visi dan misi Calon Kepala BIN pada uji kepatutan dan kelayakan pada 7 September lalu.

“Selain itu, kami juga telah mendengar pendapat dan pandangan fraksi-fraksi dan anggota di Komisi I terhadap Calon Kepala BIN Budi Gunawan. Rapat intern Komisi I memutuskan memberikan pertimbangan bahwa Saudara Budi Gunawan patut dan layak sebagai Kepala BIN menggantikan Saudara Sutiyoso,” jelas politisi F-PKS itu. (Pemberitaan DPR RI).

Ikuti kami di
Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas