Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bahas Beasiswa Perguruan Tinggi, Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Kunjungi Rektor se-Jawa Barat

Seluruh rektor perguruan tinggi di Jawa Barat dikunjungi oleh Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Komisi X DPR.Pertemuan itu membahas tentang beasiswa.

zoom-in Bahas Beasiswa Perguruan Tinggi, Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Kunjungi Rektor se-Jawa Barat
dpr.go.id
Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Komisi X DPR Temui Rektor Perguruan Tinggi se-Jawa Barat,Jumat (16/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seluruh rektor perguruan tinggi di Jawa Barat dikunjungi oleh Panja Beasiswa Dikti dan SM3T Komisi X DPR.

Pertemuan itu dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah, pihaknya ingin mengetahui segala hal berkaitan beasiswa. 

Mulai dari kriteria penentuan beasiswa, kuota penerima beasiswa  setiap jenisnya, prestasi mahasiswa penerima beasiswa, hingga permasalahan dihadapi mahasiswa penerima beasiswa.

"Tujuan dari Panja ini adalah mendapat masukan mengenai proses seleksi dan pemberian beasiswa yang tepat. Berdasar masukan itu, Panja memotivasi pemangku kepentingan pendidikan bersama-sama menghasilkan SDM Indonesia yang berkualitas sehingga dapat memajukan kesejahteraan bangsa,"jelas Ferdiansyah.

Hal itu diutarakannya saat memberikan sambutan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/09/2016).

Sementara itu, politisi F-PG itu menambahkan maksud kunjungan ini ialah membangun komunikasi intensif antara DPR khususnya Panja dengan universitas, politeknik, sekolah tinggi dan akademi serta pemangku pendidikan tinggi di Provinsi Jawa Barat.

"Kami mau tahu terkait kendala yang dihadapi dalam melaksanakan fungsi pengawasan atas pelaksanaan undang-undang, termasuk pelaksanaan APBN khususnya di bidang pendidikan,"imbuh politisi asal dapil Jawa Barat. 

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya ingin mendapat gambaran umum secara langsung tentang pelaksanaan dan permasalahan dihadapi dalam program Bidikmisi (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi), Adik (Afirmasi Pendidikan Tinggi), PPA (Peningkatan Potensi Akademi dalam dan luar negeri), SM3T (Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal), serta beasiswa jenis lain yang berasal dari APBN dan APBD. 

Dalam kesempatan yang sama, beberapa rektor yang hadir menyampaikan permasalahan yang dihadapi, misalnya beasiswa Bidikmisi terkait nominal diberikan kepada mahasiswa yang perlu ditambah.

Mengingat sejak tahun 2010 penerima beasiswa hanya menerima dana sebesar Rp 1 juta per bulan sementara inflasi terus meningkat.

Kunjungan ini diikuti oleh Anggota Komisi X DPR, diantaranya Puti Guntur Soekarno (F-PDIPerjuangan), MY Esti Wijayanti (F-PDIPerjuangan), Popong Otje Djunjunan (F-PG), Merlinda Irawati (F-PG), Krisna Mukti (F-PKB), Sohibul Iman (F-PKS) dan Yayuk Sri Rahayuningsih (F- P Nasdem). (Pemberitaan DPR RI)

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas