Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekjen DPR : "Hari Pahlawan Sebaiknya Tak Dipandang Sebagai Rutinas Semata"

Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanany mengatakan peringatan hari pahlawan yang jatuh setiap 10 November

zoom-in Sekjen DPR :
Dok. DPR
Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanany, usia mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di Gedung Setjen DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanany mengatakan peringatan hari pahlawan yang jatuh setiap 10 November merupakan momentum untuk mengingat perjuangan para pahlawan bangsa membela Tanah Air.

Menurutnya, proses berdemokrasi yang kita nikmati saat ini, merupakan salah satu hasil perjuangan para pahlawan bangsa.

“Semua pengorbanan diberikan oleh para pahlawan kita. Harta, tenaga, pikiran dan nyawa. Peringatan hari ini terkait dengan proses demokrasi yang 4 November lalu kita laksanakan. Semoga, ke depan kita lebih memahami keikhlasan, perjuangan dan semangat dari pahlawan untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Win, sapaan akrab Sekjen DPR, usia mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di Gedung Setjen DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Lebih lanjut, ia menyampaikan momentum ini sebaiknya tidak dipandang sebagai kegiatan rutinas semata, melainkan untuk memaknai bagaimana perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. 

Dalam hal ini, diungkapkan Win, Kesetjenan DPR memaknai jasa para pejuang dengan meningkatkan kapasitas SDM dari berbagai aspek, baik soft kompetensi maupun hard kompetensi.

Tidak hanya terkait dengan pendidikan seperti penjenjangan, tetapi juga menambah wawasan dan perubahan mindset untuk penguatan semangat nasionalisme. 

“Semangat para pahlawan memotivasi kita untuk terus berkarya dan bekerja bagi bangsa dan negara. Bahwa kita merupakan bagian dari negara yang ikut bertanggung-jawab penuh terhadap eksistensi bangsa dan kemajuan bangsa ini,” ungkap Win.

BERITA TERKAIT

Selain itu, sambungnya, peringatan hari pahlawan ini juga bersamaan dengan acara Parlemen Remaja 2016.

Sebanyak 136 pelajar terpilih tingkat menengah atas (SMA, SMK dan MA) dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan yang dihelat setiap tahun ini. 

Menurut Win, acara ini merupakan bagian dari pendidikan politik bagi generasi muda bangsa. Melalui acara ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari proses kerja dewan dan pemahaman lebih tentang DPR.

Diharapkan, nantinya para generasi muda yang beprestasi tidak takut untuk terjun ke dalam dunia politik.

“Peserta Parlemen Remaja merupakan pilihan melalui proses seleksi, jadi ini adalah potensi untuk bangsa ke depan. Calon pemimpin bangsa yang memiliki kualitas,” tandasnya. (Pemberitaan DPR RI)

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas