Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

In-Depth Riset Rilis Hasil Survey Peluang Caleg DPR-RI Dapil IX Jatim

Pemilu legislatif 2019 tinggal menghitung hari, tentunya hasil riset ini menjadi penting bagi para Caleg DPR-RI

In-Depth Riset Rilis Hasil Survey Peluang Caleg DPR-RI Dapil IX Jatim
Istimewa
Lukmanul Khakim dan Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survey In-deph Riset yang berbasis di Jakarta baru-baru ini melakukan rilis hasil survey yang bertujuan untuk memotret aspirasi pemilih di daerah pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (meliputi Tuban dan Bojonegoro).

Pemilu legislatif 2019 tinggal menghitung hari, tentunya hasil riset ini menjadi penting bagi para Caleg DPR-RI yang sedang bertarung menuju senayan.

Riset ini menggunakan metode riset kuantitatif, data dikumpulkan melalui wawancara tatapmuka terhadap 800 responden terpilih (420 responden di Bojonegoro dan 380 responden di Tuban).

Margin error dalam riset ini sebesar 3,4 % pada tingkat kepercayaan 95%. Metode sampling yang digunakan adalah metode multistage random sampling dengan rumah tangga sebagai unit terkecil.

Pemilihan responden pada level rumah tangga menggunakan metode kish grid. Survey dilaksanakan pada 1-20 Februari 2019.

Survey menemukan bahwa Lukmanul Khakim, Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nomor urut 1 memperoleh suara tertinggi, jauh meninggalkan caleg DPR RI lain.

“Peluang Lukmanul Khakim, untuk memperoleh suara terbanyak di Dapil IX Jawa Timur sangat tinggi”, imbuh Sirkis Nugroho selaku Direktur In-Depth Riset dalam keterangan rilisnya, Rabu (27/02/2019).

Nama petahana masih menghiasi nama-nama caleg dengan suara tertinggi. Setelah Lukmanul Khakim, diperingkat ke dua hingga ke enam ada Abidin Fikri (PDIP), Haeny Relawati (Golkar), Suyoto (NasDem), Didik Mukrianto (Demokrat) dan Wihadi Wiyanto (Gerindra).

"Elektabilitas Lukmanul Khakim PKB tertinggi sebesar 14,7%, disusul Abidin Fikri PDIP sebesar 7,6%, Haeny Relawati Golkar 6,1%, Suyoto Nasdem 5,7%, Didik Mukrianto Demokrat 4,7%, Wihadi Wiyanto Gerindra 3,9%” imbuh Sirkis.

Basis suara Lukmanul Khakim PKB berasal dari pemilih PKB, pemilih NU dan pemilih Muhammadiyah, sedangkan suara Abidin Fikri dari pemilih PDIP, suara Haeny Relawati berasal dari pemilih Golkar, suara Suyoto dari pemilih Muhammadiyah dan kelangan kelas menengah, suara Didik Mukrianto dari pemilih Demokrat dan suara Wihadi Wijayanto dari pemilih Gerindra dan pemilih Prabowo-Sandi.

Ketika penghitungan simulasi kursi DPR-RI dengan melibatkan suara Caleg dan suara Partai menunjukkan bahwa tidak ada partai yang dominan, artinya satu partai hanya memperoleh satu kursi. Enam kursi yang diperebutkan, berdasarkan survey ini bakal diisi oleh:

1. Lukmanul Khakim (PKB)
2. Abidin Fikri (PDIP)
3. Haeny Relawati (Golkar)
4. Suyoto (Nasdem)
5. Didik mukrianto (Demokrat)
6. Wihadi Wiyanto (Gerindra)

Jika dilihat komposisi caleg yang diprediksi akan mengisi kursi DPR-RI secara umum diisi oleh wajah wajah lama. Meskipun ada 2 wajah baru, yaitu Haeny Relawati dan Suyoto tetapisebenarnya mereka adalah tokoh lama di Tuban dan Bojonegoro.

“Dapil Jatim IX ini cukup menarik karena di isi caleg pendatang baru yang sudah punya rekam jejak sebagai mantan bupati. Haeny Relawati yang pernah menjabat bupati Tuban dua periode dan Suyoto yang juga pernah menjabat bupati Bojonegoro dua periode. Tentu figur mereka ini sudah banyak dikenal masyarakat di dapil Jatim IX,” ujarnya.

“Peluang Caleg lain tentunya masih terbuka meskipun sangat berat, hanya kejadian-kejadian luar biasa yang bisa mengubah peta dukungan politik saat ini, mengingat waktu pemilihan makin dekat”. Imbuh Sirkis dalam kalimat terakhirnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Husein Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas