Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

DPRD Langkat Disarankan Manfaatkan Sarana ADKASI

Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Djaka Dwi Winarko menyarankan kepada DPRD Kabupaten Langkat untuk

DPRD Langkat Disarankan Manfaatkan Sarana ADKASI
DPR RI
Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, Djaka Dwi Winarko. 

Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, Djaka Dwi Winarko menyarankan kepada DPRD Kabupaten Langkat untuk memanfaatkan sarana Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) untuk membantu menyelesaikan seluruh persoalan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah, yang dirasa merugikan pelaksanaan fungsi dan tugas daripada DPRD terkait.

Hal tersebut diungkapkan Jaka usai menerima audiensi DPRD Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara terkait konsultasi optimalisasi peran Badan Musyawarah (Bamus) dalam penguatan tugas pokok dan fungsi DPRD Langkat, di Ruang Rapat Kepala Biro Persidangan II, Senayan, Jakarta, Jumat (01/3/2019).

“Kalau ada aturan-aturan yang dirasa memberatkan atau merugikan pelaksanaan fungsi DPRD, sebetulnya DPRD bisa melakukan advokasi, dan bisa mempertanyakan. Bahkan bisa mengajukan judicial review untuk peraturan, kalau itu memang benar-benar dirasakan begitu. Kita sarankan DPRD Langkat menggunakan sarana asosiasi dewan ADKASI,” jelas Djaka.

Djaka menambahkan, konsultasi Anggota DPRD Langkat ini adalah untuk mencari informasi terkait proses kerja di Bamus, dengan tujuan sebagai pembanding dan acuan bagi Bamus DPRD Langkat agar bisa tetap mengefektifkan waktunya. Djaka juga menjelaskan bahwa peran Bamus bagi DPR RI sangatlah penting, dimana tidak ada agenda-agenda dalam Rapat Paripurna tanpa melalui Bamus.

“Dan Bamus mengatur waktu selama satu tahun itu supaya benar-benar efektif. Waktu itu bisa efektif dan bisa dimanfaatkan oleh Anggota-Anggota DPR dan Alat Kelengkapan Dewan yang ada di DPR. Barangkali ini bisa menjadi acuan atau salah satu bahan diskusi di sana (DPRD Langkat),” ucapnya.

Keluhan lain yang disampaikan Anggota DPRD Langkat yakni adanya ketentuan atau aturan daerah yang melarang adanya kunjungan kerja yang dilakukan pada hari libur, contohnya sabtu dan minggu. Terkait konteks itu, Djaka menegaskan bahwa di DPR RI tidak ada aturan tersebut. Namun, yang paling penting menurutnya adalah semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut harus ada dasar hukum dan aturannya.

“Ketika Sekretaris Dewan DPRD Langkat tidak memberi izin, saya percaya dan yakin ada aturan dasarnya, mungkin dari peraturan bupati atau lainnya. Yang penting dilihat, kalau memang itu tidak ada ada aturannya, berarti itu kebijakan. Kebijakan bisa disampaikan dan didiskusikan. Mungkin kalau konteks itu, antara pimpinan DPRD atau BURT dengan pemerintah daerah. Tapi kalau memang ada aturannya, ya tidak bisa,” katanya.

Oleh karenanya, Djaka menyarankan agar terjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif antara DPRD dan pemerintah daerah agar seluruh keluhan dapat diakomodasi dengan baik. Mengingat DPRD menurut UU adalah perpanjangan tangan dari pemerintah daerah, namun DPRD juga merupakan lembaga perwakilan, yang tidak dipungkiri secara karakteristik berbeda dengan pemerintah daerah.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Langkat, Arba’i Fauzan mengatakan bahwa tindaklanjut yang akan diambil usai mendapatkan hasil dari konsultasi tersebut akan didiskusikan lebih dahulu dengan para Pimpinan DPRD dan seluruh Fraksi. Jika tata tertib memungkinkan diubah, maka akan dilakukan perubahan. Namun jika tidak bisa diubah, maka semuanya akan berjalan sesuai dengan ketentuan UU yang ada.

“Nanti tentu kami diskusikan dahulu kepada Pimpinan DPRD dan juga kepada Fraksi-Fraksi. Dan kalau memang ini ada aturan dan regulasinya sampai di tingkat kabupaten kota, ya tidak ada masalah. Tapi kalau memang ini hanya sampai di DPR RI, tentu kami juga harus terima karena UU kan memang sudah seperti itu,” tandas Arba’i. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas