Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Azis Syamsuddin: E-Parlemen Wujud Akuntabilitas Parlemen Modern

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyatakan pencanangan E-Parlemen sebagai wujud akuntabilitas DPR RI kepada rakyat.

Azis Syamsuddin: E-Parlemen Wujud Akuntabilitas Parlemen Modern
Azka/man (dpr.go.id)
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyatakan pencanangan E-Parlemen sebagai wujud akuntabilitas DPR RI kepada rakyat.

Azis mengungkapkan, pencanangan E-Parlemen sebagai wujud salah satu bentuk implementasi dari sebuah sistem Parlemen Modern sebagaimana visi dari DPR RI lima tahun ke depan.

“Melalui pencanangan E-Parlemen, seluruh kerja DPR akan menjadi lebih cepat, mudah, akurat, dan ekonomis karena secara bertahap akan menghilangkan penggunaan kertas atau paperless dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Azis saat menyampaikan sambutan pada acara pencanangan E-Parlemen, di Ruang Abdul Muis DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Baca: Azis Syamsuddin Sebut 18 Anggota DPR Positif Covid-19 Saat Sidang Paripurna RUU Cipta Kerja

Lebih lanjut Azis mengapresiasi jajaran direksi Bank Mandiri selaku mitra dari DPR RI yang telah memberikan dukungan penuh dalam rangka mewujudkan Parlemen Modern dengan penyediaan kartu akses keamanan di Gedung Nusantara I, yang selanjutnya diharapkan bertambah manfaatnya.

Di samping itu, kartu akses akan disatukan dengan berbagai aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak Setjen DPR RI dalam sebuah tablet.

Dengan tujuan, layanan tersebut untuk memberikan dukungan dalam mempercepat pelaksanaan kinerja Anggota DPR RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya seperti kemudahan akses agenda kerja dan berbagai informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, tegas Azis, DPR RI akan semakin menjadi lembaga perwakilan yang modern dalam arti sesungguhnya serta akuntabel dan kredibel di mata rakyat.

Baca: DPR RI Dorong Pemerintah Gandeng Kelompok Buruh Bahas Aturan Turunan UU Cipta Kerja

“Dalam tablet tersebut sudah tercakup email DPR, Cloud DPR, e-Library, dan BKSAP Hub. Ke depannya, saya meminta Kesetjenan untuk semakin meningkatkan layanan kepada Dewan melalui digitalisasi seluruh layanan administrasi, persidangan, dan dukungan keahlian. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, atas persetujuan Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR secara resmi untuk kita luncurkan dalam forum yang hikmat ini peluncuran E-Parlemen,” pungkas politisi F-Golkar tersebut.

Acara ditutup dengan peresmian pencanangan E-Parlemen yang ditandai dengan penyentuhan layar screening oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Deputi Persidangan DPR RI Damayanti, Plt Deputi Administrasi DPR RI, Inspektur Utama DPR RI dan Area Head Jakarta-Imam Bonjol Bank Mandiri. Peresmian juga disaksikan oleh Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dan Pimpinan BURT DPR RI secara virtual. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas