Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Irtama Setjen DPR Paparkan Tiga Parameter Pengelolaan Anggaran Berkualitas

Irtama Setjen DPR memaparkan setidaknya ada tiga parameter yang selalu digunakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran di Setjen DPR RI.

Irtama Setjen DPR Paparkan Tiga Parameter Pengelolaan Anggaran Berkualitas
dok. DPR RI
Inspektur utama (Irtama) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Setyanta Nugraha dalam rapat kordinasi pengawasan inspektorat utama Setjen DPR RI, di Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Inspektur utama (Irtama) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Setyanta Nugraha memaparkan setidaknya ada tiga parameter yang selalu digunakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran di Setjen DPR RI.

"Pertama ketika kita mendapatkan opini tertinggi oleh BPK RI, yakni wajar tanpa pengecualian (WTP)," ujar Toto, sapaan akrabnya, dalam rapat kordinasi pengawasan inspektorat utama Setjen DPR RI, di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Kedua, lanjut Toto, instansi dikatakan sudah mengelola anggaran yang berkualitas, ketika tidak ada temuan, atau ada temuan tapi tidak signifikan sehingga tidak berpengaruh kepada opini yang diberikan BPK. Kemudian temuan yang ada sudah ditindaklanjuti dan semakin berkurang.

"Ketiga, sebetulnya yang ini menjadi PR kita bersama parameter pengelolaan anggaran berkualitas adalah berkurangnya atau sedikitnya keluhan atau komplain dari para anggota," tambah Toto.

Dijelaskannya, sesungguhnya dalam kinerjanya, kesetjenan DPR RI merupakan supporting sistem dari anggota dewan, yang dalam kegiatannya tentu menggunakan anggaran. Sehingga parameter kegiatan itu bisa dilaksanakan dengan baik ketika tidak ada komplain dan tidak ada keluhan dari para anggota dan meningkatnya kepuasan anggota terhadap kinerja sekretariat jenderal.

"Nah, untuk itu memang diakui masih ada keluhan dan komplain dari para anggota dewan terutama berkaitan dengan layanan-layanan di infrastruktur dan sebagainya,"jelasnya.

Oleh karena itulah, dalam rapat koordinasi Inspektorat Utama Setjen DPR RI ini juga mengundang seluruh stakeholder di kesetjenan DPR RI untuk berkolaborasi dan bekerja sama antar unit kerja demi mengoptimalkan pengelolaan anggaran untuk mencapai anggaran yang berkualitas.

Turut hadir juga dalam rapat tersebut perwakilan dari BPK RI, BPKP, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi. Hal ini untuk mendapatkan perspektif di luar setjen DPR RI. Sehingga diharapkan mendapatkan solusi atau jawaban dari berbagai kendala serta hambatan dalam pengelolaan anggaran di Setjen DPR RI. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas