Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tarif Taksi di Warsawa yang Berubah Saat Hari Libur

Seperti umumnya di negara-negara lain, hari Sabtu dan Minggu adalah hari libur di Polandia.

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Tarif Taksi di Warsawa yang Berubah Saat Hari Libur
TRIBUNNEWS.COM/Husein Sanusi
Fans tim nasional Spanyol dan Perancis memenuhi fans zone Palace Culture, Warsawa, Polandia, Minggu (24/6). Hari libur kerja membuat ribuan fans memadati tempat nonton bareng. (TRIBUNNEWS.COM/Husein Sanusi) 

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – Seperti umumnya di negara-negara lain, hari Sabtu dan Minggu adalah hari libur di Polandia. Dua hari kemarin saya tetap menjalankan atktivitas seperti biasanya mengunjungi lokasi-lokasi liputan yang sudah direncanakan di malam harinya.

Biasanya rute perjalanan sudah ditentukan sebelum keluar apartemen. Saya memilih Stadion Narodowy, fans zone dan beberapa mall untuk memantau situasi menjelang semifinal Euro yang akan digelar di Warsawa.

Selama satu bulan di Polandia saya sangat memperhatikan moda transportasi publik mulai dari busway, trem, kereta api hingga taksi. Sebab itu jadi faktor penting untuk bisa sampai ke lokasi liputan. Tidak lupa juga membawa peta agar tidak kesasar.

Berangkat keluar dari apartemen biasanya memilih naik busway dengan pertimbangan biayanya lebih murah. Halte busway juga tak terlalu jauh dari apartemen sekitar satu kilometer terletak di jalan Atenska sudah ada halte busway.

Sepulang liputan biasanya menggunakan taksi dengan pertimbangan simpel karena hari sudah mulai gelap dan biasanya pulang saat dinihari waktu Polandia. Namun ada yang berbeda pada saat akan naik busway pada Sabtu dan Minggu kemarin.

Hampir satu jam saya menunggu busway di halte, bus nomor 117 yang biasanya saya tumpangi untuk mengantar di DW Centrum tak kunjung tiba. Setelah di cek di jadwal pemberangkatan bus yang ada di halte saya baru tahu kalau hari Sabtu dan Minggu jadwal busway berubah.

BERITA REKOMENDASI

Biasanya bus yang melintas setiap 10 menit sekali jadi berkurang menjadi dua jam sekali. Haha, jadilah saya menunggu hingga dua jam untuk bisa menaiki busway tersebut. Saat pulang pada malam hari dari fans zone Palace Culture dengan menggunakan taksi, saya kembali kaget karena tarif taksi lebih mahal dari biasanya.

Setelah dijelaskan oleh sopir taksi, tarif taksi di Polandia naik dua kali lipat saat hari libur. Hikmah dari semua ini saya jadi mengerti, pemerintahan Polandia sangat memperhatikan hak para pekerja yang harus mendapat bayaran lebih saat mereka tetap bertugas saat hari libur.

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas