Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Generasi Emas Baru di Timnas Spanyol Bermunculan

Usai mencetak sejarah besar di Euro 2012, usia generasi emas Spanyol diprediksi belum akan berakhir.

Penulis: Komang Agus Ruspawan
zoom-in Generasi Emas Baru di Timnas Spanyol Bermunculan
Getty Images Europe/Carmelo Rubio
Pemain Timnas Spanyol berfoto bersama Pangeran Felipe, usai Spanyol merebut trofi Piala Eropa 2012, setelah mengalahkan Italia di laga final dengan skor 4-0 

TRIBUNNEWS.COM – Usai mencetak sejarah besar di Euro 2012, usia generasi emas Spanyol diprediksi belum akan berakhir. Mereka diyakini masih akan menguasai sepakbola dunia dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya sampai di Piala Dunia 2014.

Hal ini karena usia skuad generasi emas angkatan 2012 masih rata-rata muda. Hanya empat pemain yang telah memasuki kepala tiga. Mereka adalah Iker Casillas (31), Victor Valdes (30), Xavi Hernandez (32), dan Xabi Alonso (30).

Xavi mungkin menjadi calon terkuat tidak terpakai di Piala Dunia 2014. Saat itu usia gelandang Barcelona ini sudah menembus angka 34. Namun Pelatih Vicente del Bosque tak perlu khawatir. Masih ada Andres Iniesta, Cesc Fabregas, David Silva, atau Juan Mata yang siap menjadi penerus.

Di Euro 2012, Spanyol juga memunculkan pemain muda yang siap meneruskan generasi emas. Setelah melahirkan gelandang Sergio Busquets di Piala Dunia 2010, kini tampil bek kiri Jordi Alba sebagai generasi baru.

Dari barisan pemain muda yang tidak masuk skuad Euro 2012, Spanyol juga memiliki nama-nama seperti Thiago Alchantara, Adrian Lopez, Iker Muniain. ntuk posisi lain ada kiper David de Gea, Alberto Botía, dan Alvaro Domínguez.

Mereka adalah anggota skuad Spanyol U-21 saat menjuarai Piala Erop 2011. Dua tahun lagi, generasi kedua Tim Matador ini dipastikan kian matang untuk meneruskan eras generasi emas.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas