Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Euro 2020

Ukraina Vs Inggris, Gareth Southgate Buka Opsi Empat Bek, Tiga Singa Bermain Bertahan?

Gareth Southgate mempertimbangkan untuk kembali menggunakan empat bek dengan pertimbangan menghindari akumulasi kartu kuning untuk pemainnya. 

Ukraina Vs Inggris, Gareth Southgate Buka Opsi Empat Bek, Tiga Singa Bermain Bertahan?
Laurence Griffiths / POOL / AFP
Gelandang Inggris Jordan Henderson (tengah) merayakan gol dengan rekan satu timnya sebelum gol itu disebut offside selama pertandingan sepak bola Grup D UEFA EURO 2020 antara Republik Ceko dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 22 Juni 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuka kemungkinan menggunakan skema empat bek pada pertandingan perempat final EURO 2020 melawan Ukraina

Ukraina Vs Inggris pada perempat final EURO 2020, akan berlangsung Minggu (4/7/2021) dini hari WIB di Stadion Olimpico, Roma. 

Gareth Southgate mempertimbangkan untuk kembali menggunakan empat bek setelah ada perubahan pada laga 16 Besar kontra Jerman, Selasa lalu. 

Baca juga: Live Streaming Euro 2020 Hari Ini Ceko Vs Denmark, Ukraina Vs Inggris, Cara Nonton Mola TV di Sini

Gelandang Inggris Jordan Henderson (kiri) melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya sebelum gol tersebut dinyatakan offside dalam pertandingan sepak bola Grup D UEFA EURO 2020 antara Republik Ceko dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 22 Juni 2021.
JUSTIN TALLIS / POOL / AFP
Gelandang Inggris Jordan Henderson (kiri) melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya sebelum gol tersebut dinyatakan offside dalam pertandingan sepak bola Grup D UEFA EURO 2020 antara Republik Ceko dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 22 Juni 2021. JUSTIN TALLIS / POOL / AFP (JUSTIN TALLIS / POOL / AFP)

Bersua Jerman, Southgate menggunakan skema tiga bek di lini pertahanan, untuk meredam pergerakan Joshua Kimmich dan Robin Gosens dari sisi sayap. 

Namun, Ukraina punya gaya main berbeda dari Jerman.

Southgate pun mencoba menyiasatinya. 

Baca juga: Fakta Menarik Iringi Spanyol ke Semifinal EURO 2020, Fase Langka Calon Juara yang Hoki

Para pemain Inggris merayakan kemenangan mereka dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di Stadion Wembley di London pada 29 Juni 2021.
Para pemain Inggris merayakan kemenangan mereka dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di Stadion Wembley di London pada 29 Juni 2021. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

“Inggris menggunakan tiga bek melawan Jerman untuk melemahkan beberapa pemain terkuat mereka. Kami memang belum sempurna, tetapi permainan kontra Jerman sangat bagus,” kata Southgate. 

Hal lain yang juga menjadi pertimbangan Southgate adalah menghindari akumulasi kartu kuning untuk pemainnya. 

Sejauh ini Harry Maguire, Declan Rice, Kalvin Phillips dan Phil Foden terancam skors.

Baca juga: Italia Calon Juara, Azzurri Bakal Susah Dikalahkan Karena Lini Tengah yang Berkualitas

Keempat pemain ini akan absen seandainya mendapat kartu kuning pada laga melawan Ukraina dan Inggris lolos ke semifinal. 

Namun, Southgate memastikan pemain yang akan ia pilih bukan demi menyenangkan suporter. 

Baca juga: Boaz Solossa Sanggupi Tawaran Rans Cilegon FC Sebelum Menghilang dari Skuat Persipura

“Kami melihat ke aspek taktis. Saya tahu mungkin suporter kesal ketika tim tidak tampil menyerang. Namun, Inggris ingin bersabar mendapatkan bola,” tutur dia. 

“Saya bermain untuk Inggris selama bertahun-tahun dan tahu bahwa tim ini sering kehilangan bola. Itu masalah besar.” 

“Para pemain sudah menunjukkan ketahanan untuk mengabaikan tuntutan fans."

"Nanti akan ada saatnya Inggris bermain menyerang, tetapi hal yang penting adalah mempertahankan bola dan tidak menguras tenaga di area defensif,” tutur Southgate lagi.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas