Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2019

Jumat Besok Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Arafah

Menurut Menag, jemaah akan diangkut ke Arafah menggunakan 21 bus yang telah disiapkan bagi masing-masing maktab.

Jumat Besok Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Arafah
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Masjidil Haram pada Selasa (16/7/2019) mulai dipadati jemaah haji dari berbagai negara. Pelaksanaan puncak haji 9 Dzulhijjah Wukuf di Arafah tahun ini jatuh pada 10 Agustus 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Seluruh jemaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi pada Selasa, 6 Agustus 2019 .

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba di Arab Saudi berjumlah 212.732 jemaah yang tergabung dalam 529 kelompok terbang (kloter).

Selanjutnya, jemaah haji ini akan diberangkatkan menuju Arafah pada Jumat, 9 Agustus besok.

“Jemaah haji Indonesia, karena jumlahnya sangat banyak, maka akan dilakukan pemberangkatan secara bertahap. Pada 9 Zulhijjah, atau Sabtu (10/8/2019) pagi, jemaah sudah harus berada seluruhnya di Arafah,” kata Menteri Agama Lukman Saifuddin, di Makkah, Rabu (7/8/2019).

Menurut Menag, jemaah akan diangkut ke Arafah menggunakan 21 bus yang telah disiapkan bagi masing-masing maktab.

Ia juga menyampaikan, fase pemberangkatan jemaah haji dari Makkah ke Arafah pada 8 Zulhijjah yang bertepatan dengan 9 Agustus ini akan terbagi dalam tiga tahap.

Baca: Puasa Arafah, Puasa Dzulhijjah, & Puasa Tarwiyah, Ini Tata Cara 3 Puasa Sunah Jelang Idul Adha 2019

Baca: Mahkamah Tinggi Arab Saudi Tetapkan Hari Wukuf di Arafah Sabtu 10 Agustus 2019

Tim Mobile Crisis Satuan Haji menggelar simulasi operasi Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) langsung dari tiga lokasi pelaksanaan puncak haji pada Minggu (14/7/2019). Di bawah terik matahari suhu 41 derajat celcius Satops Armuzna dipimpin Kepala Satops Armuzna, Jaetul Muchlis. 
( Tribunnews/Bahauddin/MCH2019)
Tim Mobile Crisis Satuan Haji menggelar simulasi operasi Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) langsung dari tiga lokasi pelaksanaan puncak haji pada Minggu (14/7/2019). Di bawah terik matahari suhu 41 derajat celcius Satops Armuzna dipimpin Kepala Satops Armuzna, Jaetul Muchlis. ( Tribunnews/Bahauddin/MCH2019) (Tribunnews/Bahauddin/MCH2019)

Tahap pertama, adalah jemaah yang akan diberangkatkan pada pukul 07.00 – 12.00 WAS. Kedua, jemaah yang diberangkatkan pada pukul 12.00 – 16.00 WAS. Ketiga, pemberangkatan jemaah pada pukul 16.00 – 24.00 WAS.

“Tiga tahapan itulah yang harus dipahami oleh jemaah kita, agar meereka tidak perlu menunggu di luar hotel. Sudah ada petugas-petugas yang memandu, jadi sebaiknya jemaah menunggu di kamar sebelum waktunya keberangkatan,” kata Menag.

Sementara, Kabid Transportasi PPIH Asep Subhana menyampaikan proses pemberangkatan jemaah dari Makkah menuju Arafah akan diawasi oleh pihak Maktab serta petugas transportasi PPIH. “Jemaah akan diminta turun ke lobi hotelnya berdasarkan urutan lantai tempat mereka menginap. Kita akan mulai dari lantai paling bawah,” tutur Asep.

Hal ini menurut Asep untuk menghindari kemacetan penggunaan lift pada masing-masing pemondokan. “Jadi kita akan mulai meminta turun jemaah yang berada di lantai 1, kemudian secara berurutan, mereka yang tinggal di lantai 2, 3, dan seterusnya,”ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...

Berita Terkait :#Ibadah Haji 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas