Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2019

Kadaker Makkah Akui Musim Haji 2019 Tak Banyak Kendala

Ini berdasarkan atas pengalamannya dalam rentang selama penyelenggaraannya hingga proses pemulangan jamaah haji ke Tanah Air.

Kadaker Makkah Akui Musim Haji 2019 Tak Banyak Kendala
Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Kakbah diabadikan pada Jumat (19/7/2019) dalam kondisi kain Kiswah sudah ditinggikan dan diganti dengan kain putih. Kiswah Kakbah diangkat untuk menyambut datangnya musim haji. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid mengakui musim haji 2019 yang telah terlewati puncaknya dinilai tidak banyak kendala berarti.

Ini berdasarkan atas pengalamannya dalam rentang selama penyelenggaraannya hingga proses pemulangan jamaah haji ke Tanah Air.

Menurutnya, dalam setiap tahun proses penyelenggaraan haji memiliki karakter spesifik persoalan yang berbeda-beda.

“Sudah sekian tahun saya mengikuti proses penyelenggaraan ibadah haji itu memang setiap tahun karakternya beda-beda tapi secara umum memang tahun ini kita rasakan kendalanya, bukan tidak ada, relatif bisa kita selesaikan di tempat dan alhamdulillah tidak menyisakan kendala-kendala yang sifatnya besar,” kata Subhan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Indosiar Bali United vs Arema FC via Vidio Premier, Tonton di HP

Baca: Saut Situmorang Yakin KPK Akan Diisi Orang-orang Berintegritas

Baca: Seabad Muallimin, Ketua KPSN Serahkan Bantuan 100 Bola

Ia mengakui, hambatan di lapangan pasti ada karena mengelola orang dalam jumlah yang sangat besar dan harus bertemu serta berdiplomasi dengan berbagai pihak di Arab Saudi sudah tentu tidak mungkin tidak ada masalah.

“Tapi alhamdulillah masalah-masalah itu bisa kita selesaikan dengan segera dan jamaah juga pada umumnya tahun ini keluhannya lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Sebagai contoh kata dia, terkait transportasi meliputi kendala keterlambatan, kepadatan penumpang, hingga pengemudi tidak tertib, sangat jauh berkurang dibandingkan tahun lalu.

Kemudian terkait katering yang umumnya terkendala dalam hal keterlambatan penyajian hingga makanan basi, tahun ini bisa diantisipasi oleh para petugas dan para penyedia jasa konsumsi sehingga keluhan jamaah hampir tidak ada.

“Kemudian juga akomodasi pihak pemilik hotel sangat akomodatif dan proses check in-check out lancar, fasilitas hotel baik semua, kalau dibanding tahun lalu keluhan jauh lebih sedikit,” katanya.

Tahun ini kuota haji Indonesia sebesar 231.000 kursi dan dalam sepekan terakhir proses pemulangan jamaah ke Tanah Air sudah sebanyak 43.000 haji yang telah diberangkatkan kembali ke Indonesia.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Husein Sanusi
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas