Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2019

Jemaah Haji Yang Sudah Pulang Ke Tanah Air Diminta Tetap Jaga Kesehatan

Sudah separuh dari 231 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air setelah menjalani ibadah haji di Tanah Suci, Makkah

Jemaah Haji Yang Sudah Pulang Ke Tanah Air Diminta Tetap Jaga Kesehatan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Jemaah haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Masjid Al-Ukhuwwah kelompok terbang (kloter) pertama Kota Bandung atau kloter keenam Jawa Barat tiba di Kota Bandung, di Masjid Al-Ukhuwwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (19/8/2019). Masa operasional kepulangan jemaah haji ke tanah air dilaksanakan selama 29 hari, dimulai pada 17 Agustus sampai dengan 14 September 2019. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Sudah separuh dari 231 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air setelah menjalani ibadah haji di Tanah Suci, Makkah dan Madinah.

Meski sudah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah namun mereka diminta tetap menjaga kesehatan apalagi bagi jemaah haji yang masih berada di Tanah Suci menunggu giliran jadwal kepulangan.

Perjalanan pulang dari wilayah barat ke timur atau dari Arab Saudi ke Indonesia dinilai lebih berat sehingga jemaah haji diimbau untuk mengambil waktu istirahat yang cukup.

Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah Dr M. Imran di Kota Mekkah, mengatakan perjalanan dari barat ke timur jauh lebih melelahkan daripada dari timur ke barat.

Baca: Kebakaran Amazon: Kisah tragis pasangan yang meninggal saat mencoba menyelamatkan rumah mereka

Baca: Kami Bukan Bangsa Monyet, Massa Papua Protes Insiden Jatim di Melbourne

Baca: Gemasnya Bobby iKon Izin Check Handphone Untuk Cek Lagu Saat Tampil di Jakarta

“Perjalanan mengikuti matahari dan melawan matahari itu beda. Apalagi ada perbedaan waktu antara Indonesia dengan Arab Saudi. Ini jauh lebih melelahkan ketimbang dari Indonesia ke Arab Saudi,” katanya.

Maka ia mengimbau jamaah haji Indonesia yang sudah sampai di Tanah Air dengan selamat untuk tetap menjaga kesehatan.

“Istirahat cukup, minum air cukup,” katanya.

Imran mengatakan jamaah sepulang dari Tanah Suci baru saja melakukan aktivitas berat dengan melakukan perjalanan yang jauh.

“Yang jelas setelah mereka tiba di Tanah Air, mereka setelah aktivitas berat, jalan yang jauh, tentu saja pertama istirahat yang cukup. Karena perjalanan dari Saudi ke Indonesia itu 9 jam,” katanya.

Sejumlah hal yang ia katakan harus dilakukan jamaah yakni beristirahat di rumah dengan cukup, mengonsumsi air, dan makan makanan yang bergizi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Husein Sanusi
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas