Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PPIH Surati Pemerintah Arab Saudi, Minta Pedagang Provider di Jeddah Ditertibkan

PPIH meminta Pemerintah Arab Saudi mengatur dan menertibkan para penjaja provider di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Arab Saudi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in PPIH Surati Pemerintah Arab Saudi, Minta Pedagang Provider di Jeddah Ditertibkan
TRIBUN/HUSEIN SANUSI
Sales kartu perdana telepon seluler lokal Arab Saudi menawarkan produknya kepada Jamaah Haji asal Indonesia di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Rabu (24/7/2019). Keberadaan para sales tersebut mulai mengganggu kenyamanan dan kecepatan para Jamaah Haji Indonesia yng baru tiba di Arab Saudi.PPIH Surati Pemerintah Arab Saudi, Minta Pedagang Provider di Jeddah Ditertibkan TRIBUNNEWS/HUSEIN SANUSI 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meminta Pemerintah Arab Saudi mengatur dan menertibkan para penjaja provider di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Arab Saudi.

Hal ini dilakukan terkait banyaknya penjual kartu perdana telepon selular di paviliun jemaah haji Indonesia di Terminal Haji, Jeddah.

Baca juga: Ketahui Faktor Risiko Kesehatan Jemaah Haji Selama Penerbangan dan Pencegahannya

Sedangkan jemaah hanya mempunyai waktu yang tidak panjang untuk menuju Kota Makkah.

Wakil Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam mengatakan PPIH sudah bersurat ke Direktorat Jenderal Kementerian Haji dan Umrah cabang bandara di Jeddah pada 21 Juni 2022.

"Kami bersurat ke Direktorat Jenderal Kementerian Haji dan Umrah cabang Bandara di Jeddah terkait permohonan untuk menertibkan dan mengatur penjual kartu perdana di hall untuk jemaah haji," tutur Nasrullah melalui keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Jemaah Haji Diminta Langsung Pakai Ihram dari Embarkasi karena Waktu di Bandara Jeddah Kini Dibatasi

Sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Jeddah, banyak penjual kartu perdana yang langsung mendekati jemaah setibanya mereka di paviliun.

BERITA TERKAIT

Para penjual itu meminta nomor paspor dan melakukan registrasi dengan cara scan sidik jari para jemaah.

Jemaah Haji Indonesia saat tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa (21/6/2022).
Jemaah Haji Indonesia saat tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa (21/6/2022). PPIH Surati Pemerintah Arab Saudi, Minta Pedagang Provider di Jeddah Ditertibkan(Tribunnews.com/Aji Bramastra)

"Pengaturannya perlu diperbaiki atau ada yang standby di hotel. Ada semacam booth ya nggak apa-apa, asalkan tidak menganggu aktivitas jemaah. Apalagi kartunya kan gratis," ujar Nasrullah.

Dirinya meminta jemaah yang baru mendarat di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Arab Saudi fokus persiapan ibadah umrah wajib.

Nasrullah meminta agar jemaah fokus persiapan ibadah karena waktu yang tersedia di paviliun tidak banyak.

Jemaah perlu mempersiapkan diri beribadah umrah dan segera diberangkatkan ke Makkah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas