Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSP Pastikan Pelayanan Jemaah Haji Lansia Berjalan Baik

KSP memastikan negara hadir untuk mengafirmasi kepentingan jamaah haji lanjut usia (lansia) tanpa mengurangi bobot layanan pada jamaah umum lainnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KSP Pastikan Pelayanan Jemaah Haji Lansia Berjalan Baik
Istimewa
Plt Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Komunikasi Politik dan Informasi Juri Ardiantoro mengatakan afirmasi Lansia tersebut merupakan bentuk komitmen pelayanan yang ditunjukkan oleh pemerintah melalui seluruh petugas haji di bawah kontrol langsung Menteri Agama. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan negara hadir untuk mengafirmasi kepentingan jamaah haji lanjut usia (lansia) tanpa mengurangi bobot layanan pada jamaah umum lainnya.

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengatakan afirmasi Lansia tersebut merupakan bentuk komitmen pelayanan yang ditunjukkan oleh pemerintah melalui seluruh petugas haji di bawah kontrol langsung Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Juri mengatakan layanan prima pemerintah terhadap jamaah haji lansia bukan hanya karena jumlah jamaah lansia tahun ini sangat tinggi, yakni mencapai 30 persen atau 67 ribu orang dari total kuota jamaah haji Indonesia.

Melainkan juga bentuk komitmen nyata pelayanan yang berkeadilan dan ramah lansia.

“Tema Berkeadilan dan Ramah Lansia pada penyelenggaraan haji 2023 sangat tepat. Sebab negara benar-benar hadir dan memberikan perhatian khusus terhadap jamaah lansia dan penyandang disabilitas, tanpa mengurangi kualitas layanan pada jamaah umum lainnya,” kata Juri, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Selesai Umrah, Anies Baswedan Jalani Rangkaian Ibadah Haji Tamattu

Juri menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh petugas haji di PPIH pusat, PPIH kloter, PPIH emberkasi, PPIH Arab Saudi hingga seluruh petugas pendukung terkait pelayanan haji kepada jamaah lansia.

Termasuk memberikan pemahaman mengenai fiqih kemudahan-kemudahan bagi lansia.

BERITA REKOMENDASI

“Hingga skenario kemudahan-kemudahan ibadah haji inti di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna),” terangnya.

Baca juga: Begini Alur Pergerakan Jemaah pada Puncak Haji

Selain itu, sambung Juri, pemerintah juga telah menyiapkan dan menyiagakan petugas di lapangan untuk memberikan pelayanan teknis.

Seperti penyediaan pendamping bagi lansia yang membutuhkan, layanan kesehatan dari Kementerian Kesehatan, hingga pelayanan informasi dan bantuan tenaga.

“Semua sudah disiapkan dan disiagakan di lapangan,” ujar Juri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas