Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jemaah Haji Asal Gresik: Bahagia di Mina, Nyaman Beribadah dan Terlayani

Berada di Mina, menjadi tujuan utama jemaah haji seluruh dunia, termasuk jemaah haji asal Indonesia.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jemaah Haji Asal Gresik: Bahagia di Mina, Nyaman Beribadah dan Terlayani
AP/Amr Nabil
Peziarah Muslim berdoa di bukit batu yang dikenal sebagai Gunung Rahmat, di Dataran Arafah, selama ibadah haji tahunan, dekat kota suci Mekkah, Arab Saudi, Selasa, (27 Juni 2023). Peziarah Muslim di Mekkah mengelilingi Ka'bah, situs paling suci Islam, dan kemudian berkumpul di tenda tenda yang luas di padang pasir terdekat, secara resmi membuka ziarah haji tahunan pada hari Senin, kembali ke kapasitas penuhnya untuk pertama kalinya sejak pandemi virus corona. (AP Photo/Amr Nabil) 

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Berada di Mina, menjadi tujuan utama jemaah haji seluruh dunia, termasuk jemaah haji asal Indonesia.

Muhammad Irsyad, jamaaah haji kloter 87, asal Gresik, Jawa Timur mengungkapkan rasa syukur dan bahagia saat berada di Mina.

"Karena disini (Mina) masih Tanah Haram, jadi lebih religius. Lebih nyaman beribadah, bersama sama dengan orang orang yang ingin beribadah," ungkap Irsyad.




Setelah melaksanakam Wukuf di Arafah,jemaah haji melaksanakan rangkaian ibadah selanjutnya. Yaitu, bermalam (mabit) di Mina. Sebelum ke Mina, jemaah terlebihdahulu bermalam di Muzdalifah.

Di Mina, jemaah melaksanakan rangkaian haji yaitu melempar jumrah, Ula, Wustho, dan Aqobah.

Irsyad juga mengungkan rasa syukurnya selama berada di Mina sebelum kembali ke kota Makkah. Di Mina, Irsyad mengaku terlayani dengan baik, serasa seperti berada di rumah sendiri.

"Saat sampai di Mina, perasaan saya bahagia dan senang. Makan tercukupi, ada buah buahan, tidur juga nyaman. Seperti di rumah sendiri," kata dia.

Baca juga: ID Survey Bersama Kementerian ATR/BPN Komitmen Selenggarakan Informasi Geospasial 

BERITA TERKAIT

Irsyad kemudian memuji sikap petugas haji yang ia alami, sigap memberikan pelayanaan kepada para jemaah haji. Termasuk, layanan konsumsi, termasuk layanan kesehatan yang diberikan kepada para jemaah.

"Pelayanannya, memang menurut saya ya, sangat sangat baik," ungkap Irsyad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas