Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Juffali Bukan Tempat Hukum Pancung

Banyak yang mengira, dulunya masjid ini diperuntukkan sebagai tempat untuk eksekusi hukum pancung atau hukum Qishash.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Masjid Juffali Bukan Tempat Hukum Pancung
Tribunnews.com/Rachmat Hidayat
Masjid Syeikh Ibrahim Al Juffali yang terletak di kawasan Ballad, kota Jeddah. Banyak yang mengira, dulunya masjid ini diperuntukkan sebagai tempat untuk eksekusi hukum pancung atau hukum Qishash. 

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Di Kota Jeddah, terdapat sebuah masjid yang mencuri perhatian, namanya Masjid Syeikh Ibrahim Al Juffali.

Masjid ini terletak di kawasan Ballad, kota Jeddah. Banyak yang mengira, dulunya masjid ini diperuntukkan sebagai tempat untuk eksekusi hukum pancung atau hukum Qishash.

Baca juga: Polisi Selidiki Dugaan Proses Penyelundupan WNI ke Malaysia atas Tenggelamnya Kapal Boat Pancung

"Masjid (Juffali) ini dengan tempat Qishash tidak ada hubungannya sama sekali,"kata seorang mukimin bernama Arifin yang sudah 20 tahun tinggal Makkah.




Tempat pelaksanaan hukum Qishash, bukan di area yang kini dijadikan masjid Juffali. Area tempat pelaksanaan hukum pancung, cerita Arifin, dulunya memang tak jauh letaknya dengan masjid Juffali.

"Ada tanah lapang, terdapat sekira 4x4, di keramik tingginya setengah meter. Di tempat itulah dulu (dilakukan) Qishash. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi, sejak 2017 lalu pelaksanaan Qishash sudah dipindah ke penjara," jelasnya.

Masjid Jaffali Arifin dibangun oleh Syeikh Ibrahim Al Juffali. Jufalli adalah pemegang tunggal distributor Mercedes-Benz di Arab Saudi pada tahun 1986.

Baca juga: Oknum Guru Ngaji di Bener Meriah Aceh yang Cabuli 5 Santri Terancam Hukuman Cambuk Maksimal 200 Kali

Dari luar, masjid ini sangat artistik. Dirancang oleh Abdul Wahid al Wakil, arsitek kebangsaan Mesir. Memiliki kubah kecil, berjumlah 26. Salah satu sudutnya, berdiri sebuah menara yang cukup tinggi. Menara yang sama dengan masjid kebanyakan, sebagai sebuah simbol tempat ibadah bagi umat Islam.

BERITA TERKAIT

Di bagian luar masjid ini pada sore hari hingga jelang malam, kerap dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat bermain.

Terdapat taman yang luas, membuat nyaman bagi pengunjung untuk berlama lama di area yang dulunya menjadi tempat pelaksanaan hukum Qishash atau hukum pancung. Taman ini, berada di pinggir danau buatan yang alirannya terhubung langsung ke Laut Merah.

Di area dalam, masjid ini dihiasi oleh beberapa lampu gantung dipadu dengan kubah bertuliskan kaligrafi yang memikat mata. Karpet masjid yang terbentang memberikan kenyamanan bagi para jemaah yang datang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas