Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudah 56 Jamaah Wafat di Tanah Suci

Memasuki hari ke-25, Panitia Pelaksana Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi mencatat sudah 56 orang wafat.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Sudah 56 Jamaah Wafat di Tanah Suci
tribun medan/dedy sunhaji
KLOTER PERTAMA - Calon jamaah haji asal Meddan masuk ke dalam pesawat Garuda yang akan membawa mereka ke tanah suci dari Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara,Senin (11/10/2010). 
TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH - Memasuki hari ke-25, Panitia Pelaksana Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi mencatat sudah 56 orang wafat. Jikadibanding tahun sebelumnya, jumlah tersebut  masih lebih sedikit.

Penghubung instansi kesehatan PPHI, dr. Ramon Andreas MSc SpOk di Mekkah, Sabtu (6/11/2010) mengatakan jumlah jamaah meninggal dunia pada hari yang sama pada tahun lalu mencapai 64 orang. Namun demikian, petugas kesehatan tetap memberi pelayanan optimal untui tetap menjaga kondisi jamaah selamat samapi nanti pulang ke tanah air.

Ia menjelaskan, dari 56 orang yang wafat tersebut kebanyakan wafat di Mekkah (28 orang), Maddinah (26), Jeddah (1) dan dalam perjalanan (pesawat) sebanyak satu orang. Lokasi jemaah yang wafat itu kebanyakan di Rumah Sakit (RS) Arab Saudi ,24 orang, Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) sebanyak 13 orang, Berikutnya di pemondokan (11), di jalan (3), pesawat (1) dan di masjid (4).

Jika dicermati usia yang meninggal itu, terbanyak berusia berusia di atas 60 tahun sebanyak 36 orang, menyusul usia 50-59 sebanyak 15 orang dan usia 40-49 sebanyak 5 orang.

Ramon menjelaskan, kini kondisi fisik jemaah Indonesia banyak tergolong sebagai jemaah beresiko tinggi (risti) dan berusia tua.

Penyebab meninggalnya jamaah menurut Ramon, sistem sirkulasi (ada 36 jamaah), sistem pernafasan (8 jamaah ), sistem darah dan organ pembuluh darah (7 jamaah), trauma (1 jamaah) dan infeksi dan parasit (1 jamaah).

Kendati suhu udara rata-rata maksimal 34 derajat C, sudah mereda dibanding beberapa hari lalu, ia berharap jemaah tetap menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Pelaksanaan wufuk makin dekat, 15 Nopember nanti. Kini kelembaban udara di tanah suci 44 persen dan kecepatan angin 8,05 km/jam dengan jarak pandang (visibiliti) 10 km. (MCH)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas