Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Calon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Terlibat Yakuza?

Calon terkuat Perdana Menteri Jepang mendatang, Shinzo Abe dari Partai Liberal (LDP), mulai diguncang lawan politiknya

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Calon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Terlibat Yakuza?
Shukan Post
Shinzo Abe (tengah), calon Perdana Menteri Jepang mendatang, bersama anggota sindikat kejahatan Jepang Yamaguchi-gumi, Icchu Nagamoto (jas putih), dan Mike Huckabee (kiri). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo, dari Tokyo, Jepang

TRIBUNNEWS.COM - Calon terkuat Perdana Menteri Jepang mendatang, Shinzo Abe dari Partai Liberal (LDP), mulai diguncang lawan politiknya lewat pers. Majalah mingguan Shukan Post edisi 26 oktober 2012 yang terbit Senin (15/10/2012), menampilkan berita dan foto tahun 2008 antara Abe dengan Icchu Nagamoto, anggota sindikat kejahatan terbesar Jepang, Yamaguchi Gum. Yakuza adalah sebutan untuk sindikat organisasi kejahatan Jepang dan Yamaguchi Gum termasuk di antaranya.

Abe sendiri menolak keras keterlibatannya dengan sindikat kejahatan tersebut yang berfoto bersama Gubernur Arkansas Mike Huckabee saat itu.Nagamoto, adalah broker keuangan yang ditahan di awal tahun ini karena dianggap melanggar undang-undang peminjaman uang (perkreditan).

Pihak LDP sendiri secara resmi juga telah mengomentari menolak keterlibatan Abe dengan orang tersebut karena ketemu hanya saat itu saja dan sama sekali tidak ada hubungan setelah pertemuan itu.Foto itu saat ini dibingkai di sebuah rumah di daerah Setagaya, Tokyo.

Nagamoto  memiliki perusahaan konsultasi dengan nama Shinsho yang terkait erat dengan kelompok sindikat kejahatan tersebut khususnya di bidang peminjaman uang bagi yang membutuhkan. Dia ditahan Maret lalu karena memalsukan pola kenaikan modal usaha konstruksi skala menengah bernama  Inoue Kogyo.

Menurut kantor Abe, kedatangannya ke kantor Gubernur Arkansas itu direncanakan oleh pendukung gubernur itu di sana. Sedangkan kedatangan  Nagamoto  di sana sama sekali tidak diketahui untuk keterkaitan apa dengan sang Gubernur dan sampai di mana hubungannya dengan sang Gubernur.

Mulai tahun ini sudah diterapkan undang undang baru untuk semakin memperketat gerak Yakuza, sindikat organisasi kejahatan  di Jepang. Apabila terbukti seseorang menjadi teman dari seorang Yakuza maka orang itu, meskipun bukan Yakuza, akan semakin dipersulit kehidupannya. Rekening bank akan ditutup, penyewaan rumah di berbagai tempat tidak akan bisa dilakukan, geraknya akan terus diamati piha kepolisian Jepang.

BERITA TERKAIT

Apalagi politisi besar Abe yang Ketua LDP saat ini, selain upaya menggoyang dia dengan undang-undang anti Yakuza yang baru itu, Abe juga memiliki kesempatan besar serta dukungan terbesar saat ini di Jepang untuk menjadi PM Jepang terbaru setelah Yoshihiko Noda saat ini yang semakin terpuruk popularitasnya karena banyak kebohongan dibuatnya kepada masyarakat Jepang.

Itulah dunia politik Jepang yang penuh pernak-pernik dengan upaya lawan politiknya melalui media massa memunculkan foto diri Abe bersama anggota Yakuza.

Nagamoto bulan  September 2009 juga menghadiri pesta ulang tahun yokozuna sumo Jepang dari Mongolia, Asashoryu, di daerah Daikanyama Tokyo. keterlibatannya diperkirakan cukup dekat dengan pesumo tersebut.

INTERNASIONAL POPULER

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas