Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Perundingan Israel-Hamas Dilanjutkan di Mesir

Pembericaraan gencatan senjata antara Pemerintah Israel dengan Hamas di Gaza, Palestina

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Hari Ini Perundingan Israel-Hamas Dilanjutkan di Mesir
AFP PHOTO/AHMAD GHARABLI
Tentara Israel melintas Kubah Batu di kompleks Masjidil Al Aqsa, ketiga situs suci Islam, saat berkunjung di bawah perlindungan polisi Israel di Kota Tua Yerusalem pada (21/5/2012). (AFP PHOTO / AHMAD GHARABLI) 

TRIBUNNEWS.COM, KAIRO - Pembericaraan gencatan senjata antara Pemerintah Israel dengan Hamas di Gaza, Palestina, kembali dilanjutkan di Kairo Mesir pada hari ini, Senin (26/11/2012).

Menurut pernyataan Kantor Perdana Menteri Hamas, Ismail Haniyeh, pembicaraan itu akan dilakukan antara Pemerintah Israel dengan Pemerintah Mesir, sebagai mediator kedua belah pihak, untuk membahas rincian dari gencatan senjata, yang sudah dimulai pada pekan lalu.

Sejumlah topik yang akan dibahas dalam pertemuan itu adalah, dibukanya pintu penyeberangan perbatasan wilayah kedua belah pihak, dan pengurangan blokade ekonomi Israel di Gaza.

Pembicaraan gencatan senjata itu terjadi selang beberapa hari setelah Pemerintah Palestina, menyatakan akan meningkatkan status negara Palestina di PBB.

"Seluruh faksi di Palestina berada di belakang kami dan mendukung kami saat menghadap ke PBB besok," kata Presiden Otorita Palestina, Mahmoud Abbas, di hari Minggu (25/11/2012).

Namun Pemerintah Hamas di Gaza, yang selama ini membelakangi rencana otorita Palestina tersebut, menyatakan klaim Mahmoud Abbas itu, adalah palsu.

"Tidak benar itu, bahwa Perdana Menteri Ismail, memberkati langkah Presiden Mahmoud pergi ke PBB," kata Juru Bicara Hamas, Taher al-Nunu, di hari Minggu kemarin.

BERITA TERKAIT

Pemungutan suara mengenai status negara Palestina di PBB sendiri, rencananya akan digelar di hari Kamis mendatang. (cnn)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas