Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Bos IMF Diduga Jadi Mucikari

Mantan pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF) asal Perancis, Dominique Strauss-Khan

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Mantan Bos IMF Diduga Jadi Mucikari
IST
Mantan Direktur IMF Dominique Strauss-Kahn 

TRIBUNNEWS.COM,LILLE--Mantan pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF) asal Perancis, Dominique Strauss-Khan, belum juga lolos dari tuduhan.

Pihak penyidik Perancis di Lille, Kamis (24/1/2013) ini dilaporkan akan memeriksa Strauss-Khan atas tuduhan bahwa dirinya terlibat dalam sebuah pesta seks yang menghadirkan sejumlah pelacur.

Strauss-Khan dituding memainkan peran sebagai mucikari atau germo. Kantor berita AFP, melaporkan, sumber-sumber hukum menegaskan, pemeriksaan di Lille ini setelah pengadilan di kota di utara Perancis ini pada bulan Desember lalu menolak permintaan agar tuduhan sebagai mucikari yang dikenakan pada Strauss-Khan dibatalkan.

Strauss-Kahn bulan lalu sepakat membayar gantirugi dengan seorang pelayan hotel di New York, AS, yang mengajukan tuduhan atas Strauss-Khan telah melakukan penyerangan seksual atas dirinya pada tahun 2011.

Kasus ini yang memaksa Strauss-Khan mundur dari jabatannya sebagai pimpinan IMF dan juga membatalkan niatnya untuk maju dalam pemilu presiden Perancis.

Strauss-Khan mengakui terjadi hubungan seks namun semua ini berdasarkan suka sama suka.

Penyelidikan kriminal atas kasus ini setelah pelayan hotel itu menarik semua keterangannya dalam kasus ini. Akan tetapi jaksa memastikan tuduhan atas Strauss-Khan atas kasus "mucikari dalam sebuah kelompok terorganisasi".

BERITA REKOMENDASI

Kasus yang dikenal dengan "Carlton Affair" berpusat pada tuduhan bahwa para pemimpin bisnis dan politik di Lille terlibat dalam pengaturan jaringan pasokan pelacur untuk pesta seks. Sejumlah pesta ini berlangsung di Carlton Hotel di Lille.

Kasus Carlton ini merupakan satu dari sejumlah pembuktian yang dilakukan menyusul penahan Strauss-Khan di New York, AS.

Penulis Perancis Tristane Banon juga pernah menuduh Strauss-Khan atas tuduhan mencoba memperkosanya pata tahun 2003. Strauss-Khan juga diperiksa berkaitan dengan tuduhan terlibat dalam aksi pemerkosaan atas seorang pelacur Belgia. Kasus ini dihentikan setelah pelacur tadi menarik kasusnya.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas