Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Malaysia Tangkap 33 Anggota Komplotan Milisi Sulu

Sebanyak 33 orang, termasuk empat orang wanita, ditangkap pihak berwenang Malaysia selama operasi keamanan di wilayah Sabah

zoom-in Malaysia Tangkap 33 Anggota Komplotan Milisi Sulu
Tribun Kaltim, Niko Ruru
Helikopter dan truk truk militer disiagakan di Bandar Sahabat, sekitar lokasi pembersihan tentara Kesultanan Sulu. 

TRIBUNNEWS.COM – Sebanyak 33 orang, termasuk empat orang wanita, ditangkap pihak berwenang Malaysia selama operasi keamanan di wilayah Sabah. Mereka dicurigai bersekongkol dengan milisi bersenjata Kesultanan Sulu.

Kepala Kepolisian Distrik Semporna, DSP Mohd Firdaus Francis Abdullah, mengatakan, para tersangka semuanya merupakan warga negara asing. Mereka ditangkap di desa Bakau Pinggir, Minggu (10/3/2013). Firdaus mengatakan, empat diantara mereka yang ditangkap diyakini penyusup. "Mereka dikirim ke markas polisi Lahad Datu untuk diperiksa," ucapnya.

Menurut Firdaus, para tersangka yang berusia 18 tahun ke atas ditahan dalam operasi penyisiran yang dilakukan dari pintu ke pintu pada pukul 6.30-09.00, Minggu.

Setidaknya 100 anggota polisi diterjunkan dalam operasi tersebut. Operasi Daulat, yang diluncurkan oleh pasukan keamanan Malaysia untuk mengusir para milisi Kesultanan Sulu telah memasuki hari keenam.

Sejauh ini sudah 53 militan dan delapan petugas polisi tewas dalam operasi itu, sejak milisi Sulu yang semuanya merupakan warga negara Filipina mendarat di wilayah Sabah, bulan lalu, dan mengklaim wilayah tersebut sebagai bagian negara Kesultanan Sabah.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas