Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dilarang Pakai Celana Pendek, Masinis Pilih Rok

Banyak cara menyuarakan aspirasi kepada orang lain. Tapi yang dilakukan masinis di Swedia ini tergolong unik.

Penulis: Fajar Anjungroso
zoom-in Dilarang Pakai Celana Pendek, Masinis Pilih Rok
BBC

TRIBUNNEWS.COM, STOCKHOLM – Banyak cara menyuarakan aspirasi kepada orang lain. Tapi yang dilakukan masinis di Swedia ini tergolong unik. Mereka ramai-ramai pakai rok demi memprotes aturan perusahaan yang melarang celana pendek untuk bertugas selama musim panas.

Padahal, selama ini celana pendek jadi solusi untuk mengatasi panasnya suhu udara. Saat musim panas, suhu udara mencapai 35 derajat celcius. Kondisi inilah yang membuat masinis nyaman menggunakan celana pendek saat bertugas.

Sayang, kebebasan mereka mengenakan celana pendek dilarang perusahaan kereta api Arriva. Pihak perusahaan menegaskan semua masinis tetap mengenakan seragam yang telah ditentukan. Juru bicara Arriva Thomas Hedenius menambahkan masinis harus tampil sopan dan rapi.

Aturan itu lantas dimodifikasi para masinis dengan menggunakan rok saat bertugas. Dengan rok, perusahaan tak bisa memberikan sanksi karena tak ada peraturannya.

”Ya pasti akan terlihat aneh di mata orang lain kalau kami mengenakan rok. Cuma dengan cara inilah kami tidak kepanasan,” kata Martin Akersten, seorang masinis, seperti Tribunnews.com kutip dari Sky News.

Sikap masinis ini akhirnya memaksa Arrive untuk membahas masalah seragam secara serius.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas