Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kabut Asap Indonesia Sudah Tiba di Penang

Kabut Asap kebakaran hutan Indonesia, telah mencapai wilayah Terengganu, Kelantan dan Penang, Malaysia, dan menurunkan jarak pandang disana.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Kabut Asap Indonesia Sudah Tiba di Penang
IST

TRIBUNNEWS.COM, PETALING JAYA - Kabut Asap kebakaran hutan Indonesia, telah mencapai wilayah Terengganu, Kelantan dan Penang, Malaysia, dan menurunkan jarak pandang disana.

Direktur Ramalan Cuaca Departemen Meteorologi Malaysia, Muhammad Helmi Abdullah mengatakan jarak pandang di Bandara Sultan Mahmud, Kuala Terengganu, mencapai 3km pada, Selasa (23/7/2013), malam.

"Diatas 6km di Bandara Kerteh (di Terengganu) dan Bandara Internasional Penang di Bayan Lepas," ujarnya seperti dikutip dari Asiaone.com, Rabu.

Namun, jarak pandang di Bandara Sultan Ismail Petra di Kota Baru, Kelantan jauh lebih baik, yaitu 10 kilometer, walau menghadapi persaoalan yang sama.

Sementara itu, jarak pandang di Petaling Jaya dan Subang adalah 6km dan 9km. Muhammad mengatakan kondisi serupa akan terjadi pada esok hari hingga hujan turun di Johor, Pahang dan Lembah Klang. "Kabut terus menyebar dengan lambat ke utara dan pedalaman," tuturnya.

Saat ini Tingkat Polusi Udara (ASPI) tidak sehat berada di wilayah Bukit Rambai (103) dan Tanjung Malim (106). Sementara sembilan daerah lainnya yang berada di ambang tidak sehat adalah, Muar (94), Port Klang (97), Seri Manjung (94), Kuala Selangor (92), Petaling Jaya (90), Kemaman (96), Kuala Terengganu (93) dan Muda Batu (90) dan Cheras (93) di Kuala Lumpur.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration di hari Minggu kemarin terdapat 261 titik api di Pulau Sumatera. (asiaone.com)

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas