Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yakuza Membagikan Permen Untuk Anak-anak di Perayaan Halloween

Bagi-bagi gratis bukan pertama kali dilakukan kelompok kejaharan terorganisir Yakuza bernama Yamaguchi-gumi

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Yakuza Membagikan Permen Untuk Anak-anak di Perayaan Halloween
Foto Repro Nikkan Knuckles / Richard Susilo
Permen perayaan Halloween yang dibagikan secara gratis kepada anak-anak oleh kelompok Yakuza, Yamaguchi-gumi, pada 31 Oktober 2013 lalu. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang

TRIBUNNEWS.COM - Bagi-bagi gratis bukan pertama kali dilakukan kelompok kejaharan terorganisir Yakuza bernama Yamaguchi-gumi, kelompok Yakuza terbesar di Jepang ini. Tahun 1995 saat gempa besar Hanshin dengan skala 6,8 skala Richter itu, malam harinya puluhan truk Yamaguchi gumi datang membagi-bagi makanan, obat-obatan, pakaian dan sebagainya kepada para korban gempa di Kobe.

Minggu lalu (31/10/2013) Yamaguchi-gumi yang kini beranggota utama sekitar 27.700 orang, kembali membag-bagikan permen gratis buat anak-anak dalam rangka Halloween. Demikian liputan Tribunnews.com yang memperoleh informasi dari sumber terpercaya di Kobe, Minggu(3/11/2013).

Yamaguchi-gumi membagi-bagi bungkusan permen kepada anak-anak yang lewat di depan markas besar Yamaguchi-gumi di daerah  Nada-ku, Kobe mulai siang hingga sore sampai malam hari.

Bungkusan warna ungu dengan gambar Halloween setan dan tulisan Happy halloween serta tulisan "Trick or Treat" di bawahnya.

Menurut penduduk setempat upaya bagi-bagi hadiah ini sebagai upaya untuk membuat citra Yamaguchi-gumi menjadi lebih bagi bagi masyarakat sekelilingnya.

Tiga tahun hal serupa dilakukan pula di tempat dekat kuil yang ada di Kobe. Membagi-bagi hadiah halloween bagi anak-anak pemuda pemudi sekitarnya dan berjalan dengan sangat semarak.

BERITA TERKAIT

Juli 2013 Yamaguchi-gumi untuk menjalin komunikasi lebih baik, penciptaan citra yang lebih baik di masyarakat, menerbitkan 8 halaman koran Yamaguchi-gumi Shinpo, berisi cerita mengenai Yamaguchi-gumi, tujuan organisasi, kebijakannya dan sebagainya di bawah Pemimpin Utamanya Shinobu Tsukasa.

Pada akhir tahun Yamaguchi-gumi juga sering membagi-bagi hadiah bagi kalangan sekitar Misalnya membagi-bagikan mochi (rice cakes) saat upacara pemujaan beras agar dapat tumbuh dan dipanen dengan kesuburan yang lebih baik.

Demikian pula di akhir tahun bagi-bagi boneka bagi anak-anak, bagi-bagi permen sampai kepada bagi-bagi uang tunai kepada masyarakat sekitar. Saat terjadi wabah penyakit Yamaguchi-gumi juga membagi-bagikan masker, penutup hidung sebagai tindakan preventif tidak terkena penyakit.

Masyarakat sekitar dengan suara bulat semuanya menyatakan sangat senang berada di dekat kantor pusat yamaguchi-gumi karena bahkan menjadi aman nyaman tidak ada keributan, bahkan banyak dibantu oleh para staf Yakuza itu untuk berbagai kegiatan sosial di sana, misalnya bersih-bersih sampah jalanan dan sebagainya.

Info lengkap Yakuza silakan baca www.yakuza.in

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas