Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diperkirakan 4,4 juta Jiwa Mendadak Jadi Tunawisma Akibat Topan Super Haiyan

Pemerintah Filipina, memperkirakan 4,4 juta warga mereka menjadi tunawisma di daerah yang dilewati topan Haiyan.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Diperkirakan 4,4 juta Jiwa Mendadak Jadi Tunawisma Akibat Topan Super Haiyan
CNN
Sejumlah warga kembali ke rumah masing-masing setelah meninggalkan lokasi evakuasi di wilayah Tacloban, sebelah timur Pulau Leyte, Filipina, Minggu (10/11/2013). 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Filipina, memperkirakan 4,4 juta warga mereka menjadi tunawisma di daerah yang dilewati topan Haiyan.

Menurut data Pengurangan Risiko Bencana Nasional dan Dewan Manajemen (NDRRMC), Minggu (10/11/2013), di antara mereka, sebanyak 86.513 keluarga atau 403.503 orang diinapkan di pusat evakuasi yang berjumlah 1.425.

Haiyan, topan terkuat yang pernah menerjang Filipina, menelan banyak nyawa di Leyte, Samar Timur, wialayah Barat dan Tengah Visayas, Mindanao dan Utara Bicol.

Di hari Minggu, sejumlah wilayah di Visayas Timur berada dalam keadaan tanpa listrik. Saluran telepon juga putus, sehingga pihak berwenang menggunakan telepon satelit dan radio militer untuk berkomunikasi.

Presiden Filipina, Benigno Aquino III, terbang ke Tacloban Minggu pagi untuk memimpin upaya penyelamatan dan mendistribusikan bantuan kepada warga yang terkena dampak. Ia juga berencana terbang ke kota Roxas, provinsi Capiz. (xinhua)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas