Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Marty Dorong Kerja Sama Bilateral dengan Thailand

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, mendorong penguatan kerja sama bilateral Indonesia dengan Thailand

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Marty Dorong Kerja Sama Bilateral dengan Thailand
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, mendorong penguatan kerja sama bilateral Indonesia dengan Thailand, dalam pertemuan Komisi Bersama (Joint Commission Meeting) Indonesia-Thailand ke-8 di Bangkok, Kamis (14/11/2013).

Dalam kesempatan itu, Marty telah menyepakati untuk memperkuat kerangka kerja sama bilateral antara Indonesia-Thailand melalui penyelenggaraan JCM setiap tahunnya. Seperti dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Ia dan rekan timpalannya dari Thailand, juga menyepakati untuk terus meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara, dengan mengidentifikasi peluang-peluang dan memfasilitasi hubungan dunia usaha kedua negara yang lebih erat.

Berbagai perjanjian kerja sama yang telah ditanda tangani selama tiga tahun terakhir, antara lain Memorandum Saling Pengertian di bidang Pendidikan, Hukum, Anti Korupsi, dan Perjanjian Kerjasama Perdagangan antar Indonesia-Thailand, telah merefleksikan peningkatan hubungan kedua negara yang semakin erat di berbagai bidang.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Bangkok tersebut, Marty juga berkesempatan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Thailand, YM Yingluck Shinawatra.

Dalam pertemuan tersebut, Marty menyampaikan salam hangat Presiden RI serta melakukan pembahasan mengenai sejumlah isu bilateral, regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara.

Pertemuan Komisi Bersama Indonesia-Thailand telah berlangsung sejak tahun 1992 sebagai mekanisme bilateral untuk meningkatkan kemitraan antara kedua negara yang secara diplomatik terjalin sejak 1950.

BERITA TERKAIT

Hubungan Indonesia dengan Thailand telah berlangsung dengan erat di berbagai bidang, antara lain direfleksikan oleh frekuensi dan intensitas saling kunjung pejabat tinggi kedua negara, serta peningkatan hubungan di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan pariwisata.

Nilai perdagangan Indonesia-Thailand terus meningkat selama 10 tahun terakhir, dari US$ 3 milyar pada tahun 2002 menjadi US$ 19 milyar di tahun 2012. Sementara peningkatan signifikan arus wisatawan kedua negara selama beberapa tahun terakhir telah membuka peluang kerja sama melalui promosi bersama serta peningkatan akses dan konektivitas antara kedua negara.

Indonesia merupakan mitra dagang kedua terbesar bagi Thailand di antara 9 negara ASEAN lainnya, serta kedua negara telah menjalin hubungan kerja sama erat termasuk saling dukung di berbagai forum internasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas