Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seorang Anggota Polisi Berkhianat dan Berkomplot dengan Yakuza

untuk kesekian kali senior polisi Jepang, justru dari Divisi Anti-Yakuza, membocorkan informasi

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Seorang Anggota Polisi Berkhianat dan Berkomplot dengan Yakuza
Repro Asahi TV/Richard Susilo
Polisi menggerebek markas satu dari kelompok Yakuza ternama di Jepang, Yamaguchi-gumi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo, dari Tokyo Jepang

TRIBUNNEWS.COM - untuk kesekian kali senior polisi Jepang, justru dari Divisi Anti-Yakuza, membocorkan informasi penting ke Yamaguchi-gumi, kelompok Yakuza - mafia Jepang - terbesar di Jepang. Akibatnya inspektur polisi (43) tersebut harus diperiksa pihak kejaksaan Wakayama Jepang. Demikian ungkap Nikkan Sport 10 Januari 2014.

Polisi tersebut, yang tak diungkap namanya oleh pihak kepolisian Jepang, ternyata puluhan kali telah berhubungan dengan pihak Yakuza dan membocorkan informasi rahasia polisi. Hal ini jelas melanggar hukum yang ada di Jepang.

Kelompok Yamaguchi-gumi adalah kelompok yakuza terbesar dengan anggota tercatat saat ini sekitar 30.000-an anggota.

Kontak inspektur polisi tersebut dengan salah seorang pimpinan Yamaguchi yang berusia 50 tahun, menerima berbagai macam informasi berharga mengenai kepolisian sejak tahun 2012.

April tahun lalu inspektur polisi tersebut tetap berhubungan dengan bos Yakuza tersebut. Padahal dia sudah dipindahtugaskan ke divisi lain, bukan di divisi anti-yakuza.

Hal itu diketahui pihak kepolisian Jepang setelah Oktober tahun lalu hasil penyelidikan polisi kepada Yamaguchi-gumi mengarah kepada kebocoran informasi dan mengarah ke mantan anggota divisi anti Yakuza tersebut.

BERITA TERKAIT

Untuk itu pihak kepolisian Jepang telah menggerebeg inspektur polisi tersebut sampai ke rumahnya untuk mengambil semua dokumen yang ada di rumahnya guna diperiksa lebih lanjut.

Belum diketahui status inspekstur polisi tersebut saat ini, yang pasti dinonaktifkan dari kepolisian Jepang akibat kasus tersebut.

Info lengkap yakuza silakan baca di www.yakuza.in

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas