Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MAS MH370 Berbelok Arah Secara Sengaja: Polisi Malaysia Geledah Rumah Pilot

Pesawat MAS MH370 diketahui dibelokkan secara sengaja oleh seseorang di dalam pesawat. Mungkinkah sang pilot bagian dari pembajakan?

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in MAS MH370 Berbelok Arah Secara Sengaja: Polisi Malaysia Geledah Rumah Pilot
Istimewa
Pilot Malaysia Airlines MH 370 Capt Zaharie Ahmad Shah (kanan) dan Copilot Fariq Abdul Hamid 

TRIBUNNEWS.COM - Sesaat usai Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak menyatakan insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 terindikasi karena faktor kesengajaan seseorang di dalam pesawat, Polisi Malaysia mulai memeriksa kediaman pilot pesawat itu.

Polisi Malaysia langsung meluncur ke kediaman pilot Zaharie Ahmad Shah (53) pada Sabtu siang ini (15/3/2014) sesaat setelah PM Najib Razak mengumumkan adanya unsur kesengajaan dari seorang pilot yang menerbangkan pesawat tersebut untuk mengalihkan rute penerbangan.

Para penyidik telah memastikan bahwa pesawat yang hilang itu terlacak oleh radar militer, sesaat setelah alat komunikasi di pesawat Boeing 777-200 itu dimatikan. Hal itu terjadi ketika MH 370 kembali ke semenanjung Malaya dan menyentuh pesisir timur sepekan yang lalu.

Sebelumnya, PM Najib Razak menyebutkan, pesawat tetap terbang pada periode tertentu dan berubah arah dengan melewati kembali atas Semenanjung Malaysia menuju Samudra Hindia.

"Secara konsisten, hal itu dilakukan secara sengaja oleh seseorang di pesawat," kata Najib dalam konferensi persnya, Sabtu (15/3/2014). Namun demikian, dia tidak menyebutkan secara pasti bahwa itu merupakan tindakan pembajakan.

Komunikasi satelit terakhir dengan pesawat Boeing 777-200 itu tercatat pada Sabtu (8/3/2014) pukul 08.11 pagi waktu setempat, setelah Malaysia Airlines menghilang dari radar sipil pada pukul 01.30 dini hari waktu setempat. REUTERS/KOMPAS.COM

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas