Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Multi Glass Siapkan Mochi Kaca untuk Hadiah Tahun Baru

Salah satu perajin kaca/gelas di Kota Fukutsu Fukuoka telah memulai pembuatan hadiah tahun baru, mochi tahun baru dalam bentuk kaca/gelas

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Multi Glass Siapkan Mochi Kaca untuk Hadiah Tahun Baru
Foto Yomiuri
Hadiah Tahun Baru Kerajinan Kaca Jepang mulai disiapkan Yoshinori Sugioka di Fukuoka. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menjelang akhir Oktober, persiapan menyambut tahun baru pun disiapkan berbagai pengusaha Jepang termasuk para perajinnya. Salah satu perajin kaca/gelas di Kota Fukutsu Fukuoka telah memulai pembuatan hadiah tahun baru, mochi tahun baru dalam bentuk kaca/gelas dengan hiasan rangkaian pita dari tali-tali khusus hiasan untuk tahun baru.

Itulah studio kaca Multi Glass di daerah Fukutsu perfektur Fukuoka yang dipimpin Yoshinori Sugioka. Mereka mulai membuat hadiah tahun baru yang dinamakan Kagamimochi atau mochi kaca, dengan warna putih bening dan bagian kuncup atas gelas warna merah/oranye bening. Mochi adalah semacam ketan tepung terigu Jepang. Hadiah atau makanan tahun baru di Jepang adalah mochi. Tapi kali ini dibuat dalam bentuk gelas/kaca sebagai lambang kemakmuran kebahagiaan menyambut tahun yang baru.

Pengerjaan sekitar dua jam dengan panas lebih dari 40 derajat Celsius menggunakan pencetak khusus kaca.

Harga Kagamimochi ini dijual sekitar 10.800 yen per buah dengan besar sekitar 14,5 cm. Benda yang lebih kecil ukuran diameter sekitar 10,5 cm dijual dengan harga 5.400 yen.

Penjualan dilakukan di berbagai department store di Jepang. Harga belum termasuk ongkos kirim. Jumlah pembuatan pun terbatas hanya 1.000 buat karena memang tidak mudah serta membutuhkan waktu cukup lama. Sedangkan yang mengerjakan pekerjaan tangan gelas kaca ini hanya dilakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Pekerjaan industri rumah tangga kecil-kecilan di Jepang.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas