Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Laporan: Lebih Dari 600 Petugas Medis Dibunuh Sepanjang Perang Suriah

Sebuah kelompok hak asasi internasional melaporkan lebih dari 600 tenaga medis dibunuh dalam serangan sepanjang perang sipil di Suriah.

Penulis: Y Gustaman
zoom-in Laporan: Lebih Dari 600 Petugas Medis Dibunuh Sepanjang Perang Suriah
Reuters
Ekstrimis ISIS mencaplok kota Tal Abyad dari Kurdi dan pemberontak yang selama ini berjuang menumbangkan Presiden Suriah Bashar al Assad sejak 2011. 

TRIBUNNEWS.COM, SURIAH - Sebuah kelompok hak asasi internasional melaporkan lebih dari 600 tenaga medis dibunuh dalam serangan yang disengaja sepanjang perang sipil di Suriah. Serangan itu kebanyakan dilancarkan tentara pemerintah.

Dokter untuk Hak Asasi Manusia mengatakan tercatat 233 serangan terhadap 183 fasilitas medis di Suriah sejak konflik di negara itu meletus Maret 2011.

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis Rabu, bahwa pemerintah Presiden Bashar Assad bertanggung jawab atas 88 persen serangan ke rumah sakit dan 97 persen sampai mengakibatkan tenaga medis terbunuh. Dokter untuk Hak Asasi Manusia mengatakan tercatat 139 kematian yang bisa dianggap sebagai penyiksaan dan eksekusi.

Direktur investigasi kelompok hak asasi internasional Erin Gallagher mengatakan "setiap dokter dibunuh atau rumah sakit hancur. Sehingga ratusan bahkan ribuan warga Suriah bingung mendapatkan perawatan kesehatan." (AP/ABC News)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas