Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ibu Dua Anak Asal Tibet Bakar Diri di Tiongkok

Seorang ibu asal Tibet membakar diri, Rabu (27/5/2015), sebagai bentuk protes atas kebijakan represif Tiongkok terhadap warga Tibet.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Ibu Dua Anak Asal Tibet Bakar Diri di Tiongkok
AFP/Getty Images
Ilustrasi bakar diri. 

TRIBUNNEWS.COM, TIONGKOK - Seorang ibu asal Tibet membakar diri, Rabu (27/5/2015), sebagai bentuk protes atas kebijakan represif Tiongkok terhadap warga Tibet.

Sangye Tso berusia 36 tahun itu membakar diri di depan sebuah bangunan keamanan dan pendidikan Tiongkok di dalam kompleks biara Choparshing di provinsi Gansu, Tiongkok.

Menurut para sumber, polisi tiba beberapa menit setelah insiden dimulai dan membawa pergi ibu dua anak itu. Tak diketahui apakah Sangye Tso masih hidup sewaktu dibawa ke tahanan.

Dalam kasus-kasus pembakaran diri belakangan ini, para demonstran yang dibawa pergi masih hidup. Pihak berwenang kemudian memberitahu keluarga mereka keesokan harinya bahwa anggota keluarga telah meninggal dan dikremasi malam harinya.

Warga Tibet menganggap praktik ini sebagai semacam hukuman karena pihak berwenang merampas kesempatan keluarga itu untuk mengkremasi anggota keluarganya sesuai tradisi Tibet.

Telah lebih dari 140 unjuk rasa membakar diri di wilayah Tibet sejak 2009, tapi protes semakin berkurang frekuensinya dalam beberapa bulan setelah diterapkan denda dan hukuman bagi keluarga dan orang-orang yang memiliki hubungan erat dengan pelaku aksi membakar diri. (VOA Indonesia)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas