Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tak Punya Tangan, Pelajar China Bisa Masuk Sejumlah Universitas Terbaik

Walau kehilangan kedua tangannya sejak kecil ternyata tak menghalangi seorang pelajar asal Sichuan, China, untuk berprestasi.

Tak Punya Tangan, Pelajar China Bisa Masuk Sejumlah Universitas Terbaik
Shanghaiist
Akibat kehilangan kedua tangannya sejak kecil Peng Chao harus melakukan berbagai kegiatan menggunakan kakinya. Namun, kekurangan itu tak membuat Peng Chao gagal berprestasi. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Walau kehilangan kedua tangannya sejak kecil ternyata tak menghalangi seorang pelajar asal Sichuan, China, untuk berprestasi.

Peng Chao, nama siswa itu, meski harus melakukan hampir semua kegiatannya, termasuk menulis menggunakan kaki, ternyata mampu lulus dalam ujian masuk universitas di China.

Nilai yang diraih Peng Chao dalam gaokao, sebutan ujian masuk universitas di China, bukan nilai yang seadanya. Dia meraih nilai total 603 yang berarti Peng Chao bisa diterima di sejumlah universitas terbaik di China.

Awal bulan ini, Peng Chao mendapat jaminan waktu tambahan untuk mengerjakan soal ujian selama 45 menit. Kebijakan ini diberikan karena tahun lalu Peng Chao tak bisa menyelesaikan ujiannya karena kehabisan waktu.

"Saya bercita-cita ingin menuntut ilmu di Universitas Zhejiang. Saya merasa lebih yakin dengan hasil ujian saya tahun ini dibanding tahun lalu," kata Peng Chao saat ditemui wartawan seusai mengerjakan ujian pekan lalu.

Meski mencetak nilai cukup tinggi, Peng Chao ternyata masih khawatir dia tak bisa masuk ke fakultas favoritnya, yaitu teknik sipil, akibat kekurangan fisiknya.

Peng Chao memang sangat menggilai komputer dan ayah bocah ini mengatakan bahwa sebenarnya pihak keluarga menginginkan Peng belajar ilmu komputer.

"Namun, apa pun pilihannya, termasuk teknik sipil, kami hormati sepenuhnya," ujar sang ayah.

Sementara itu, hasil positif yang diperoleh Peng Chaol dalam ujian masuk perguruan tinggi tahun ini mendapat sambutan hangat dari para netizen.

"Saya malu pada diri sendiri karena memiliki dua tangan yang sempurna, tetapi tak bisa mendapatkan nilai tinggi dalam ujian," ujar seorang pengguna internet.(shanghaiist)

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas