Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Obama Siapkan Proyek "Komputer Super"

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengutarakan niatnya untuk membangun proyek pembuatan 'komputer super' pada 2025 nanti.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Obama Siapkan Proyek
AFP
Presiden Barrack Obama. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengutarakan niatnya untuk membangun proyek pembuatan 'komputer super' pada 2025 nanti.

Mewujudkan niat tersebut, Obama telah menandatangani sebuah perintah khusus untuk membentuk badan penelitian National Strategic Computing Initiative (NSCI).

Badan itu diharapkan dapat menggerakkan seluruh agen pemerintahan, sektor swasta, hingga para akademisi untuk menginovasikan sistem komputer berkemampuan tinggi.

Menurut Wired, Obama ingin Amerika segera memiliki komputer super yang kecepatan aksesnya hingga 30 kali lebih cepat dibanding mesin-mesin tercepat terkini.

Komputer super itu diyakini dapat membantu berbagai proyek ilmiah dan penelitian iptek, yang terkait bidang kemiliteran, medis, serta iklim dan cuaca.

Hingga kini, rekor komputer tercepat masih dipegang oleh Tiongkok, dengan komputer Tianhe-2-nya, yang kemampuan kalkulasinya dua kali lebih cepat dari komputer AS.

BERITA REKOMENDASI

Akan dinamakan komputer 'exoflop', komputer super ini diharapkan dapat melomba kemampuan Tianhe-2 dan dapat berfungsi banyak untuk perkembangan iptek di AS. (BBC/Wired).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas