Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

70 Tahun Lalu Hiroshima Jepang Dibom Amerika Serikat

Kamis (6/8/2015) tepat pukul 08.15 pagi ini, peristiwa jatuhnya bom atom Amerika Serikat (AS) di Hiroshima Jepang 70 tahun lalu diperingati kembali.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 70 Tahun Lalu Hiroshima Jepang Dibom Amerika Serikat
Foto Jiji
Peace Memorial Park di Hiroshima yang dikunjungi ribuan orang, Kamis (6/8/2015) pagi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kamis (6/8/2015) tepat pukul 08.15 pagi ini, peristiwa jatuhnya bom atom Amerika Serikat (AS) di Hiroshima Jepang 70 tahun lalu diperingati kembali dengan kehadiran ribuan orang di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima.

Semua tenang, diam dalam kehanyutan seribu bahasa mengingat kembali peristiwa 70 tahun yang lalu.

"Merinding saya kalau ingat masa lalu, keterlaluan sekali AS sampai menjatuhkan bom atom di Hiroshima, sehingga kita sebut Ground Zero di sini, semua meninggal, sedih sekali. Perang harus dihentikan di dunia di mana pun berada," kata Ayako Fukushima, warga Hiroshima khusus kepada Tribunnews.com, Kamis (6/8/2015).

Daerah Naka-ku, Hiroshima hari ini penuh dengan bunga dan hiasan origami persembahan untuk para arwah dan untuk perdamaian. Lonceng taman dibunyikan tepat pada pukul 08.15 sehingga semua menjadi senyap, semua berdoa.

Kazumi Matsui Wali Kota Hiroshima membacakan Deklarasi Perdamaian menyebutkan, "Saat ini kita harus beraksi terus untuk penghapusan senjata nuklir di dunia, demi perdamaian, masih jauh kita untuk bisa mencapai tujuan tersebut".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas