Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapal Bermuatan Diduga WNI Ilegal Terbalik di Malaysia, Belasan Tewas

Sebuah kapal yang diduga mengangkut sekitar 70 imigran ilegal terbalik di perairan Malaysia

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kapal Bermuatan Diduga WNI Ilegal Terbalik di Malaysia, Belasan Tewas
Ist
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Sebuah kapal yang diduga mengangkut sekitar 70 imigran ilegal terbalik di perairan Malaysia, pada Kamis (3/9/2015), menewaskan setidaknya 14 orang.

Dikutip dari Reuters, kapal tersebut dikatakan berlayar menuju Indonesia, tepatnya menuju Sumatera, setelah meninggalkan Sabak Bernam, Selangor, Malaysia.

Kapal kemudian terbalik dan tenggelam di Selat Melaka, menurut laporan dari pihak berwajib kemaritiman Malaysia, dilansir oleh The Guardian.




Laksamana Muhammad Aliyas Hamdan dari Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) yakin bahwa penumpang kapal itu adalah warga Indonesia, dilihat dari cara mereka meninggalkan negara itu secara ilegal.

"Jika mereka legal, mereka tidak akan meninggalkan negara ini secara demikian," katanya.

Sejauh ini, berdasarkan laporan dari pihak APMM, sebanyak 12 orang sudah diselamatkan dan beberapa jenazah sudah diangkat dari perairan.

Namun, laporan pasti soal korban tewas masih beragam, sebab The Guardian mengatakan yang meninggal dunia 14 orang, sedangkan Reuters 13 orang.

BERITA TERKAIT

Insiden yang terjadi pukul 10.30 waktu setempat itu langsung mendapat perhatian dari APMM, setelah mendapat laporan dari para nelayan yang menjadi saksi mata. (The Guardian/Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas