Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Otoritas Hungaria Adang Kereta Pengangkut Imigran dari Kroasia

Lagi-lagi pengungsi dihalang-halangi oleh pihak berwajib Hungaria.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Otoritas Hungaria Adang Kereta Pengangkut Imigran dari Kroasia
Reuters/Antonio Bronic
Sejumlah imigran berkerumun hendak masuk kereta api di sebuah stasiun kereta api di Tovarnik, Kroasia, Jumat (18/9/2015). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

TRIBUNNEWS.COM, BUDAPEST - Lagi-lagi pengungsi dihalang-halangi oleh pihak berwajib Hungaria. Kali ini rangkaian kereta api yang mengangkut lebih dari 4.000 imigran diberhentikan pada Jumat (18/9/2015).

Masinis kereta dan 40 polisi yang bertugas di kereta tersebut ditahan oleh otoritas Hungaria. Akibatnya, ribuan imigran yang menumpang kereta tersebut tertahan di perbatasan Hungaria.

Kepala unit bencana Hungaria, Gyorgy Bakondi, mengatakan pada Reuters bahwa kereta rute Kroasia - Magyarboly itu melewati perbatasan Hungaria tanpa pemberitahuan apapun.

Imigran dan pengungsi memang semakin dipersulit untuk memasuki wilayah Eropa Barat, terlebih setelah Kroasia menutup beberapa akses jalannya dan Hungaria semakin keras untuk memblok arus masuk imigran.

Dikutip dari The Washington Post, PM Kroasia Zoran Milanovic mengatakan bahwa Kroasia kini sudah dalam keadaan tak mampu lagi menampung pengungsi, kecuali untuk mereka yang ingin lewat saja.

"Kroasia sudah menunjukkan kebaikannya, tapi kami harus mengingatkan negara-negara tetangga dan Uni Eropa bahwa kami juga memiliki otak, yang membuat kami sadar akan kemauan dan kewaspadaan kami," katanya.

BERITA TERKAIT

Kamis (17/9/2015) lalu, Kroasia menutup semua jalur perbatasannya, kecuali jalur yang berbatasan dengan Serbia. Padahal, daerah sekitar jalur tersebut berbahaya karena rawan akan keberadaan ranjau bekas perang di era '90-an. (Reuters/The Washington Post)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas