Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UNHCR Perkirakan 1,4 juta Pengungsi Bakal Masuk Eropa

Badan PBB urusan Pengungsi UNHCR memperkirakan sebanyak 1,4 juta pengungsi akan mengungsi ke Eropa di sisa tahun 2015 sampai 2016.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Y Gustaman
zoom-in UNHCR Perkirakan 1,4 juta Pengungsi Bakal Masuk Eropa
Getty Images/Anadolu Agency
Aeham Ahmad sedang bermain piano, mengiringi kelompok vokal jalanan di kamp pengungsian Yarmouk, Suriah, 6 Februari 2014. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, SWISS - Badan PBB urusan Pengungsi UNHCR memperkirakan sebanyak 1,4 juta pengungsi akan mengungsi ke Eropa melalui Mediterania selama 2015-2016.

Seperti dilansir Reuters, hingga Kamis (1/10/2015), jumlah pengungsi yang masuk ke Eropa meningkat tajam dari perkiraan awal, yakni sudah mencapai 850 ribu pengungsi.

"UNHCR memperkirakan akan terus bertambah lagi sampai 700 ribu orang yang mencari keamanan dan perlindungan internasional di Eropa pada 2015," demikian isi dokumen UNHCR.

"Perkiraan sebanyak itu Sangat mungkin. Bahkan mungkin akan lebih besar jumlah kedatangan pada tahun 2016," demikian bunyi dokumen itu.

Krisis pengungsi Suriah membuat negara-negara di dunia menjadi dua kubu, mereka yang membuka tangan dan mereka yang menolak para pengungsi masuk ke negaranya.

Jumlah pengungsi yang menghindari perang, konflik atau penganiayaan di dunia telah mencapai 60 juta jiwa pada 2014. Jumlah itu, menurut sebuah laporan PBB, merupakan rekor tertinggi.

BERITA REKOMENDASI

Dokumen yang dirilis lembaga pengungsi PBB, UNHCR, menyebutkan sebanyak 59,5 juta orang telah mengungsi pada akhir 2014. Jumlah itu mencakup 19,5 juta orang pengungsi, 38,2 juta pengungsi dalam negeri, dan 1,8 juta orang yang masih menunggu keputusan pencarian suaka. Lebih dari 50 persen pengungsi itu merupakan anak-anak.

Ditinjau dari tahun sebelumnya, jumlah orang yang terpaksa meninggalkan negara-negara mereka naik sebesar 8,3 juta jiwa.

Konflik berkepanjangan di Suriah dianggap sebagai faktor besar di balik kenaikan tersebut mengingat di Suriah saja, terdapat 3,9 juta pengungsi dan 7,6 juta pengungsi dalam negeri.(Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas