Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perkiraan Sambut 1,5 Juta Imigran, Otoritas Jerman Khawatir

Tinggi angka pencari suaka itu menimbulkan risiko tekanan berat bagi negara dan tiap wilayah otonominya

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Perkiraan Sambut 1,5 Juta Imigran, Otoritas Jerman Khawatir
(DW/dpa)
Pengungsi di Jerman 

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Pada 2015 ini, Jerman diperkirakan akan menyambut sekitar 1,5 juta imigran. Jumlah yang naik jauh dari prakiraan sebelumnya itu dikatakan membuat khawatir otoritas Jerman.

Menurut Reuters, dikutip dari Bild, otoritas Jerman khawatir akan tekanan dari semakin banyaknya imigran masuk ke negara itu, mengingat Jerman sudah kesulitan untuk menangani pengungsi yang baru saja tiba.

"Tinggi angka pencari suaka itu menimbulkan risiko tekanan berat bagi negara dan tiap wilayah otonominya," demikian kutipan Bild dari laporan tersebut.

Yang dikhawatirkan pula adalah para imigran juga akan membawa keluarganya ke Jerman, yang akan semakin memperbanyak angka pencari suaka.

Merespon itu, Kementerian Dalam Negeri Jerman mengatakan bahwa jumlah imigran yang sudah datang tampaknya memang dapat dibilang sangat tinggi.

Namun, belum dapat dipastikan bahwa jumlah prakiraan baru yang dikutip surat kabar harian Jerman, Bild, dari laporan resmi internal pemerintahan itu mungkin terjadi.

Sebelumnya, beberapa pihak, khususnya dari kubu pemerintah Jerman, mendesak agar Eropa dan Jerman mulai membatasi arus imigran masuk.

BERITA TERKAIT

Namun, Kanselir Jerman Angela Merkel berulangkali menekankan bahwa Jerman masih bisa menangani lebih banyak lagi imigran. Ia malah berniat akan mempercepat proses penerimaan imigran dan memberikan suaka untuk pengungsi Suriah. (Reuters/News24)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas