Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maskapai Rusia Sebut Penyebab adalah Faktor Eksternal

Penyebab yang paling memungkinkan atas insiden pesawat jatuh Rusia dikatakan adalah faktor eksternal

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Maskapai Rusia Sebut Penyebab adalah Faktor Eksternal
TAR-TASS Photo/Marina Lystseva
Penampakan pesawat Airbus A321 Metrojet milik maskapai Rusia, Kogalymavia, jenis pesawat yang dilaporkan jatuh di daerah pegunungan Sinai, Mesir, Sabtu (31/10/2015) 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Penyebab yang paling memungkinkan atas insiden pesawat jatuh Rusia dikatakan adalah faktor eksternal, bukan kesalahan teknis atau manusia.

Berdasarkan kutipan dari Fox 17, seorang pejabat maskapai Kogalymavia, maskapai Rusia yang pesawatnya jatuh itu, meyakini bahwa faktor eksternal adalah satu-satunya penyebab insiden tersebut.

Mengatakan pada Senin (2/11/2015), pejabat maskapai Kogalymavia, Alexander Smirnov, itu pun menegaskan bahwa pesawat tersebut tak mungkin hanya meledak begitu saja di udara.

"Kami mengeliminasi (faktor) permasalahan teknis dan kesalahan manusia," sebut dia lagi, ketika ditemui dalam sebuah konferensi pers, di mana ia membahas soal penyebab insiden itu.

Terkait hal tersebut, Alexander memaparkan bahwa semenit sebelum pesawat itu menabrak daratan Sinai, pesawat jatuh dalam kecepatan 300 kilometer per jam dari ketinggian 1,5 kilometer.

Meski demikian, perwakilan istana kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa belum ada teori tertentu yang diputuskan menjadi penyebab pasti jatuhnya pesawat itu.

Sebelumnya, pihak maskapai Kogalymavia sudah memastikan bahwa masalah teknis pesawat tidak mungkin menjadi penyebab pesawat itu hancur di udara, sebab berdasarkan inspeksi mesin terakhir tidak ditemukan adanya masalah.

BERITA REKOMENDASI

"Kemungkinannya hanya masalah mesin terjadi saat pesawat mengudara," kata Alexander. (Telegraph/Fox 17)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas