Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teleskop Terbesar di Dunia Mulai Dibangun di Cile

Pembangunan teleskop terbesar di dunia, Teleskop Raksasa Magellan (GMT) sudah dimulai

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Teleskop Terbesar di Dunia Mulai Dibangun di Cile
NBC News/Giant Magellan Telescope Corporation
Ilustrasi hasil jadi teleskop raksasa Magellan, yang pembangunannya diprediksi akan selesai sekitar 2021. (NBC News/Giant Magellan Telescope Corporation) 

TRIBUNNEWS.COM, CILE - Pembangunan teleskop terbesar di dunia, Teleskop Raksasa Magellan (GMT) sudah dimulai Rabu (11/11/2015) lalu, di Gurun Atacama, Cile.

Memperingati hal itu, Washington Post mengabarkan bahwa sejumlah ilmuwan dan tokoh penting berkumpul di daerah pegunungan Andes cordillera untuk menggelar seremoni khusus.

Selain menjadi teleskop terbesar di dunia, teleskop Magellan juga akan menjadi teleskop penghasil gambar tertajam, bahkan 10 kali lipat lebih tajam dari teleskop Hubble.

Dikutip dari NBC News, rencananya teleskop tersebut akan berfungsi sebagai pelengkap teleskop-teleskop yang selama ini mengorbit di luar angkasa.

"(Teleskop-teleskop luar angkasa) itu tak bisa memberi informasi soal ukuran atau kandungan planet. Hanya teleskop raksasa di bumi yang bisa menyediakan informasi semacam itu," jelas Vice President Giant Magellan Telescope Corporation, Patrick McCarthy.

Secara fisik, teleskop tersebut akan berdiameter sekitar 26 meter. Pokoknya, gambar-gambar yang dihasilkan akan tersedia dalam resolusi terbaik.

Gurun Atacama menjadi lokasi pembangunannya, sebab daerah itu tiap tahun hanya mendapat curah hujan sebanyak 0,2 inci. Hujan memang dianggap menghambat penglihatan teleskop.

BERITA REKOMENDASI

Proyek pembangunan teleskop raksasa Magellan diperkirakan akan selesai pada 2021 dan, setelah menjalani proses pengaturan, kemungkinan dapat dioperasikan mulai 2024 atau 2025. (NBC News/Washington Post)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas