Tribun

Presiden Chile Bolehkan Rakyatnya Isap Ganja

Presiden Chile Michelle Bachelet meneken keputusan berupa legalisasi penggunaan ganja di negara Amerika Latin itu.

Presiden Chile Bolehkan Rakyatnya Isap Ganja
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Ilustrasi ganja 

TRIBUNNEWS.COM, CHILE - Presiden Chile Michelle Bachelet meneken keputusan berupa legalisasi penggunaan ganja di negara Amerika Latin itu.

Langkah tersebut dilakukan seiring dengan dihapusnya ganja dari daftar obat-obatan terlarang di Chile.

Sebagaimana dikutip dari Associated Press, Sabtu (5/12/2015), peraturan tersebut juga memberikan kewenangan kepada apotek untuk menjual obat-obatan dari ganja dan turunannya.

Sejauh ini dokumen legalisasi ganja belum dipublikasikan secara resmi. Akan tetapi kantor berota Associated Press memperoleh copy dari keputusan tersebut.

Sebelum keputusan ini dibuat, menjual dan mengedarkan ganja di Chile masuk dalam kategori tindakan ilegal. Pelaku bisa dihukum penjara 5-10 tahun.

Chile memutuskan bergabung dengan negara-negara lain yang telah terlebih dulu menghapus ganja dari daftar obat-obatan terlarang. Serta memasukkan tanaman tersebut bisa dimanfaatkan bagi pengobatan maupun untuk penggunaan personal.

Terkait dengan keputusan ini, sebelumnya seorang warga Chile telah melakukan budidaya ganja secara legal dan mendapakan persetujuan pemerintah setempat untuk pertama kalinya.

Budidaya yang dilakukan pada Oktober 2014 tersebut merupakan pilot project yang ditujukan untuk keperluan pembuatan obat bius seperti halnya dimanfaatkan oleh penderita kanker.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas