Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kenali Kepribadian dari Genre Musik yang Disuka

Musik dibedakan menjadi beberapa genre atau tipe, seperti jazz, rock, pop, klasik, dan lainnya

Penulis: Ruth Vania C
zoom-in Kenali Kepribadian dari Genre Musik yang Disuka
net

TRIBUNNEWS.COM, AUSTIN - Genre musik apa yang menjadi favorit atau sering didengar oleh Anda? Ternyata genre musik dapat mengindikasikan kepribadian seseorang.

Musik dibedakan menjadi beberapa genre atau tipe, seperti jazz, rock, pop, klasik, dan lainnya. Pengalaman yang ditawarkan tiap genre ketika didengarkan pun berbeda-beda.

Menurut Psychology Today, berdasarkan pengalaman mendengarkan itulah musik jadi memiliki tendensi untuk mempengaruhi mood atau suasana hati orang yang mendengarnya.

Ujungnya, mempelajari suasana hati seseorang dapat dilakukan dengan mempelajari musik apa yang didengarnya.

Contohnya, untuk musik bernada tinggi dan beritme standar, biasanya suasana hati yang cocok adalah senang. Sedangkan, lagu bertempo lambat, bernada rendah, dan bersuara sendu tergolong mood sedih.

Di kalangan anak muda, kesukaan pada genre musik tertentu ternyata sering dijadikan informasi bagi mereka untuk saling mencoba mencaritahu kepribadian masing-masing.

"Kesukaan pada jenis musik tertentu adalah sebuah manifestasi terhadap kepribadian seseorang," sebut seorang peneliti dan mahasiswa psikologi University of Texas, Peter J Rentfrow.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya, ada empat kelompok kepribadian yang diwakili oleh kesukaan pada genre musik tertentu. Orang yang kreatif dan suka sesuatu yang abstrak, biasanya akan menyukai musik blues, jazz, klasik, dan folk.

Orang yang outgoing dan senang bergaul biasanya menyukai musik pop, country, atau bahkan yang berbau rohani. Penyuka rock dan heavy metal biasanya adalah orang yang cenderung aktif dan penuh petualangan.

Sedangkan, penggemar musik dance dan hip-hop biasanya orang yang ramah dan menyenangkan, juga cenderung memiliki rasa percaya diri tinggi. (Psychology Today)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas