Tribun

Beli Coca-Cola di Jepang Bisa Baca Produknya dalam Bahasa Indonesia

Mulai Senin (14/12/2015), setiap pembeli botol atau produk Coca-Cola akan dapat membaca isi dari botol minuman tersebut dalam bahasa Indonesia.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Beli Coca-Cola di Jepang Bisa Baca Produknya dalam Bahasa Indonesia
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Vending Machine Coca-Cola di Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mulai Senin (14/12/2015), setiap pembeli botol atau produk Coca-Cola yang mencantumkan QR-code akan dapat membaca isi dari botol minuman tersebut dan keterangan lain, semuanya dalam bahasa Indonesia.

"Kita memang mulai menggunakan 15 bahasa untuk penjelasan mengenai produk minuman Coca-Cola, seiring dengan upaya menyambut Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (14/12/2015).

Produk Coca-Cola yang dibeli di vending machine atau di toko mana pun, yang menggunakan QR-code, bisa dibaca menggunakan ponsel kita sendiri yang mendeteksi QR-code tersebut.

Ponsel didekatkan ke kode QR lalu di ponsel kita akan muncul berbagai penjelasan mengenai produk tersebut dalam bahasa Indonesia.

Selain isi atau ingredients mengenai produk yang bersangkutan, ada juga tertulis detil produk mengenai alergi, atau dampak (warning) bagi si peminum atau yang mengonsumsi produk buatan Coca-Cola tersebut.

Sistem multilingual PIJIN (sistem penerjemahan yang satu set dengan kode QR) sebagai penerjemah otomatis yang diinstal pada QR-code, menjadikan pembacaan berbagai bahasa pada ponsel kita semakin mudah.

Selain bahasa Jepang dan Inggris, ada juga bahasa tradisional Tiongkok, Korea, Prancis, Thai, Jerman, Spanyol, Portugis, Rusia, Italia, Vietnam, Arab dan Indonesia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas