Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Wajah Yesus Versi Ahli Forensik

Seorang ahli forensik dan seniman anatomi dari Inggris mencoba menciptakan prakiraan wajah Yesus

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ini Wajah Yesus Versi Ahli Forensik
Popular Mechanics

TRIBUNNEWS.COM, MANCHESTER - Seorang ahli forensik dan seniman anatomi dari Inggris mencoba menciptakan prakiraan wajah Yesus, jauh berbeda dari gambaran pria berkulit cerah dan berambut pirang panjang yang sering dilihat.

Mengombinasikan seni dan ilmu pengetahuan, Richard Neave menciptakan wujud wajah Yesus dan mengunggah hasilnya di Popular Mechanics pada 23 Januari 2015 lalu, yang baru menjadi populer Senin (14/12/2015).

Richard mengamati tengkorak dari jasad-jasad orang Semit di sekitar Galilea, Israel, mengumpulkan sejumlah informasi lain seputar rupa standard seorang pria Semit pada zaman kehidupan Yesus.

Dari informasi dan pengamatan yang dilakukan, Richard dan tim peneliti lainnya menyimpulkan kemungkinan Yesus memiliki tubuh setinggi lebih dari 1,5 meter, berjanggut, dan berambut pendek.

Selain itu, mengikuti pengetahuan yang didapat dari Alkitab bahwa Yesus sempat menghabiskan waktu menjadi tukang kayu, disimpulkan pula kemungkinan Yesus memiliki penampilan yang lebih gagah.

Informasi yang didapat lalu diwujudkan ke dalam sebuah rekonstruksi wajah tiga dimensi, dibentuk dari cetakan tengkorak yang dibalut lapisan tanah liat sesuai ketebalan otot wajah.

Rekonstruksi prakiraan wajah tiga dimensi itu juga dilengkapi pancaindera yang mengikuti bentuk otot wajah.

BERITA TERKAIT

Richard adalah seorang mantan seniman anatomi dari University of Manchester, Inggris, yang biasa menggunakan ilmu antropologi forensik untuk membuat potret yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus kriminal. (Yahoo News/Popular Mechanics)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas