Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Selesai Dibangun, Patung Kontroversial Mao Zedong Dirobohkan

Berita soal keberadaan proyek pembuatan patung setinggi 37 meter itu memang baru menjadi viral di pemberitaan dunia pada pekan ini.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Belum Selesai Dibangun, Patung Kontroversial Mao Zedong Dirobohkan
ABC News/AFP
Patung Mao Zedong di Henan, Tiongkok, sebelum dirobohkan. 

 TRIBUNNEWS.COM, HENAN - Belum selesai pembuatan patung emas raksasa Mao Zedong, patung tersebut malah terlihat sudah dirobohkan, Jumat (8/1/2016).

Berita soal keberadaan proyek pembuatan patung setinggi 37 meter itu memang baru menjadi viral di pemberitaan dunia pada pekan ini.

Patung tersebut memperlihatkan sosok mirip revolusioner Tiongkok itu duduk dan melipat tangan di atas pangkuannya.

Sejauh apa yang terlihat di foto-foto yang diunggah beberapa situs berita, proyek tersebut hanya selesai pada pembuatan sosok Mao.

Sedangkan, sesuatu yang didudukinya tampak belum ada bentuk jelasnya, sebab hanya rangka-rangkanya yang terlihat.

Menjadi viralnya pemberitaan patung itu menambah kebingungan netizen atas dihancurkannya proyek yang memakan biaya Rp 6,3 miliar itu.

Ketika dilihat pada Jumat, yang terlihat adalah adanya lubang besar pada bagian punggung patung dan sesuatu berwarna hitam pada bagian kepala.

BERITA TERKAIT

Alasan penghancurannya tak jelas, ada yang mengatakan bahwa proyek itu tak berizin, namun ada pula yang menyebut karena mendapat kritik.

Proyek pembangunan patung itu di Henan memang mendapat kritik, sebab provinsi tersebut adalah daerah terparah yang terkena bencana kelaparan.

Bencana itu disebabkan oleh kebijakan ekonomi Mao yang diberlakukan pada 1950-an, menewaskan sekitar 40 juta warga Tiongkok. (New York Times/ABC News).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas