Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Jihadi John' Tewas, Siapa Jagal ISIS Selanjutnya ?

Tewasnya algojo ISIS Mohamed Emwazi menimbulkan pertanyaan soal siapa yang akan menggantikannya mengeksekusi atas nama ISIS.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
zoom-in 'Jihadi John' Tewas, Siapa Jagal ISIS Selanjutnya ?
(Telegraph)
Abu Rumayyah al-Britani 

Laporan Wartawan tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM - Tewasnya algojo ISIS Mohamed Emwazi menimbulkan pertanyaan soal siapa yang akan menggantikannya mengeksekusi atas nama ISIS.

Kelompok ISIS pada Selasa (19/1/2016) menyebutkan bahwa penjagal mereka yang populer dengan nama "Jihadi John" tewas serangan drone di Raqqa.

Emwazi dikonfirmasi telah tewas pada 12 November 2015, melalui majalah online ISIS, 'Dabiq'.

Sejumlah media asing memunculkan nama Siddharta Dhar, seorang warga Inggris keturunan India yang berangkat ke Suriah pada 2014.

Pria Hindu yang kemudian masuk Islam dan mengganti nama menjadi Abu Rumayyah itu kerap disebut sebagai "Jihadi John terbaru".

Dhar memang pernah disebutkan menjadi eksekutor dalam sebuah video ancaman terhadap Inggris, di mana ia menembak mati lima orang sandera.

BERITA TERKAIT

Dalam video tersebut, ia juga menyebut PM Inggris David Cameron sebagai "orang bodoh" karena telah menantang ISIS.

Sosok Dhar dalam video itu kemudian dikonfirmasi oleh pejabat Inggris, yang hingga kini menjadi pantauan agen intel Inggris.

Emwazi sempat mencuri perhatian publik dunia karena menjadi algojo yang mengeksekusi sejumlah tahanan ISIS yang merupakan orang Barat, termasuk warga AS. (The Indian Republic/Times of India)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas