Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bunda Teresa Dinobatkan Jadi Santa pada September 2016

Paus Fransiskus telah mendengar banyak kontribusi Bunda Teresa selama hidupnya

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bunda Teresa Dinobatkan Jadi Santa pada September 2016
US Magazine/Getty Images/Tim Graham
Bunda Teresa bersama sejumlah anak saat menjalankan misinya di Kalkuta, India. (US Magazine/Getty Images/Tim Graham) 

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN - Bunda Teresa akan resmi dinobatkan menjadi santa, atau sebutan orang suci menurut ajaran Katolik, pada 4 September 2016 mendatang.

Tanggal tersebut ditetapkan oleh Paus Fransiskus, yang telah menyetujui mujizat kedua yang terjadi melalui perantaraan nama Bunda Teresa, setelah kematiannya.

“Paus Fransiskus telah mendengar banyak kontribusi Bunda Teresa selama hidupnya,” kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi.

Sebelumnya diberitakan Bunda Teresa akan diangkat menjadi seorang santa oleh Gereja Katolik Roma, atas dedikasinya membantu kaum jelata di India.

Pengangkatan menjadi santa akan diresmikan dalam sebuah ritual kanonisasi, yang akan dilakukan pada September, tepat pada hari peringatan kematiannya yang ke-19.

Seseorang dapat menjadi seorang santa atau santo jika seseorang tersebut memiliki keistimewaan spiritualnya menginspirasi, yang dibuktikan dalam wujud "mujizat".

Untuk diakui menjadi seorang santa atau santo, pengakuan atas dua mujizat yang terjadi melalui perantaraan seorang calon santa atau santo itu dibutuhkan.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Bunda Teresa telah dibeatifikasi sebagai "Teresa yang Diberkati dari Kalkuta", setelah menyembuhkan seorang wanita yang menderita tumor.

Mujizat kedua yang telah terjadi adalah seorang pria yang mengalami infeksi otak serius dan koma dapat sembuh setelah istrinya memohon doa pada Bunda Teresa untuk suaminya. (Fox News/CBS News)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas